PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL: PERAN MEDIA MIND MAPPING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23609Keywords:
Media Mind Mapping, Contextual Teaching and Learning, IPASAbstract
Pendidikan dasar, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep yang kompleks secara efektif. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah penggunaan media mind mapping berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), yang menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media mind mapping berbasis CTL terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media mind mapping berbasis CTL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media mind mapping berbasis CTL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan media mind mapping berbasis CTL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS. Implikasi penelitian ini menyarankan penerapan media mind mapping berbasis CTL dalam kurikulum pembelajaran dasar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan relevansi pendidikan dengan konteks kehidupan siswa.Downloads
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.
Cantona, I. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Universitas Pendidikan Ganesha.
Dewi, I. Y. M., Minggani, F., & Suhaidi, M. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 583–591.
Handayani, T., & Dharmawati, D. M. (2024). Penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(4), 155–164.
Hardiansyah, F., Armadi, A., Ar, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159–1166. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5661
Hidayat, I., Towaf, S. M., & Ruminiati, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. State University of Malang.
Kristin, F., & Ubaidila, S. N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 371–380.
Maass, K., Geiger, V., Ariza, M. R., & Goos, M. (2019). The role of mathematics in interdisciplinary STEM education. Zdm, 51, 869–884.
Nisak, H., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media VINTAMI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1758–1767.
Priyandana, I. W. P., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 287–294.
Royani, P., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2020). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (circ) berbantu teknik mind mapping untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar ips kelas V sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 8(2), 567.
Sumitadewi, N. L. S. N., Wesnawa, I. G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 3 Sukawati. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 141–153.
Wulandari, S. F., Pratiwi, C. P., & Hidayat, P. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN Banjarpanjang 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6085–6097.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.