TREN RISET TPACK DALAM JURNAL PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20497Keywords:
analisis isi, pendidikan dasar, TPACKAbstract
Perkembangan Teknologi pada abad 21 telah mempengaruhi segala bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Beberapa studi tinjauan telah mendokumentasikan permasalahan dan tren penelitian TPACK selama beberapa dekade terakhir. Namun, penelitian mengenai TPACK yang berfokus di sekolah dasar masih terbatas. Untuk mengisi kesenjangan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memahami perkembangan penelitian TPACK pada pengajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menganalisis isi sejumlah artikel terkait TPACK yang diterbitkan dari tahun 2020 hingga 2024 dalam Jurnal Pendidikan Dasar yang terindeks SINTA 1-3. Hasil analisis mengungkapkan bahwa (1) Tren jumlah publikasi terkait TPACK dalam empat tahun terakhir mengalami peningkatan; (2) Desain penelitian yang dominan digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (3) Subjek penelitian yang banyak digunakan adalah mahasiswa sarjana, guru dan peserta didik sekolah dasar (4) Instrumen penelitian yang paling banyak digunakan adalah kuesioner (5) Metode analisis data yang paling banyak digunakan adalah korelasi dan analisis deskripsi. Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa rekomendasi diusulkan untuk penelitian selanjutnya dengan TPACK sebagai fokus utama. Rekomendasi tersebut antara lain meningkatkan keragaman jenis penelitian khususnya penelitian PTK dan Pengembangan. Peneliti juga disarankan memilih subjek, instrumen dan metode analisis data yang lebih sesuai.Downloads
References
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://www.academia.edu/download/81413125/DesainPenelitianContentAnalysis_revisedJumalAhmad.pdf
Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918–1925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1119
Atmojo, I. R. W., Saputri, D. Y., & Fajri, A. K. (2022). Analysis of STEAM-Based TPACK Integrated Activities in Elementary School Thematic Books. Mimbar Sekolah Dasar, 9(2), 317–335. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i2.49131
Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025.
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
Darmawati, D. M., Busyra, N., & Azhar, E. (2023). Improving Social Science Learning Outcomes of Class V Elementary School Students through the TPACK Approach. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(2), 211. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i2.12980
Fauzi, A., & Pradipta, I. W. (2018). Research methods and data analysis techniques in education articles published by Indonesian biology educational journals. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 123–134. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5889
Fazilla, S., Bukit, N., & Sriadhi, S. (2023). Professional Competence of Prospective Elementary School Teachers in Designing Lesson Plans Integrating Project-Based Learning Models and TPACK. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1), 226–239. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v10i1.54875
Fazilla, S., Yus, A., & Muthmainnah, M. (2022). Digital Literacy and TPACK’s Impact on Preservice Elementary Teachers’ Ability to Develop Science Learning Tools. Profesi Pendidikan Dasar, 9(1), 71–80. https://doi.org/10.23917/ppd.v9i1.17493
Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 53–68. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Helsa, Y., Juandi, D., Turmudi, T., & Darhim, D. (2022). The Descriptions of TPACK Oriented Mathematics Learning for Elementary Students. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(1), 43. https://doi.org/10.21043/elementary.v10i1.11746
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Herwanto, A., Wati, U. A., & Senen, A. (2024). Application of TPACK for Student Learning Motivation in Science Subjects d in Elementary School. 11(2), 455–473. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v11i2.71840
Iim Ibrohim, Mansyur, A. S., Syah, M., & Ruswandi, U. (2020). Inovasi Sebagai Solusi Masalah Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 548–560. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594
Irfan Syahroni, M. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56. https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50
Irsyad, M. R. N., Karunia, W. A., Hidayat, A. R., Salsabila, D. S., Arizal, M. I., Amrozi, Y., & Wiryawanto, T. M. P. (2023). Tren Penelitian E-Learning pada Jurnal Terindeks SINTA di Indonesia. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, 7(2), 117. https://doi.org/10.51211/isbi.v7i2.2030
Jannah, W. N., & Rahman, R. (2021). Peranan Technological Pedadogical Contents Knowledge (Tpack) Dalam Kreativitas Menyusun Perangkat Pembelajaran. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 153–161. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.30423
Kasiyan, -. (2015). Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fbs Uny. Imaji, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044
Lukman, H. S., Sutisnawati, A., Setiani, A., & Muhassanah, N. (2022). Model Tpack-21 Guru Sekolah Dasar Di Kota Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12712
Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah Atas Fungsi Wawancara Dan Kuesioner Dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4
Mariyani, A.-. (2019). Analisis Kemampuan Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 189–198. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9028
Meilinar, F. (2024). PENDAMPINGAN GURU MELALUI DIFUSI INOVASI. 8(5), 1–10.
Mustaqimah, A., Suhartono, S., & Cholifah, P. S. (2023). Hubungan Ketersediaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Kemampuan TPACK Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(2), 186. https://doi.org/10.17977/um009v32i22023p186-200
Nanola, N., Maftuh, B., Wulida, Y., & Siregar, S. W. (2024). TPACK Learning in Improving Teacher Skills in Elementary School : A Systematic Literature Review. 11(2), 422–440. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v11i2.71832
Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121. https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.121-136
Rohmanurmeta, F. M., Susilo, H., & ... (2024). Effectiveness of TPACK types based on constructionist activities on students technological literation ability. … Educandum: Jurnal …, 13(June), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v13i2.16895
Rukmana, D., & Handayani, S. L. (2021). Exploring the profiles of pre-service teachers technological pedagogical content knowledge (TPACK) on earth and space science offline and online course. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(1), 42. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.7882
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57
Sullivan-bolyai, S. L., & Bova, C. A. (2021). Qualitative Description: A “How-To” Guide. University of Massachusetts Medical School Publications, 0–39.
Sumadi, C. D. (2023). Analisis Isi Penelitian Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pembelajaran IPA SD di Indonesia. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.78526
Susetyarini, E., & Fauzi, A. (2020). Trend of Critical Thinking Skill Researches in Biology Education Journals across Indonesia : from Research Design to Data Analysis. 13(1), 535–550.
Waluyo, E. (2023). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(September), 114–123.
Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.39354
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan danKelebihan. 9(2), 1220–1230.
Yanti, M., & Mawarwati. (2023). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru SD Pada Materi IPA. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1138–1148. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6312
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.