ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN MEDIA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MURID DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eli Nurjayanti UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20101

Keywords:

Picture Story, story writing ability

Abstract

Indonesian language is one of the lessons which must be given to the students from elementary school until university. It is because this lesson can't be separated with other knowledges. This research was to analyze media development needs as an action to improve student's writing skill in Indonesian lesson. The research method was descriptive qualitative and the research instruments were teacher's score record, interview, and questionnaire which was given to teachers and students. According to student's pre test, it could be seen the worst score was 65 and the best score was 85 with the average score 66. This problem was because teaching media was not varied, students were not interested in writing, and teaching method was not varied as well. The research result was shown most of the students need a media in comic strip to help them in writing. The research conclusion was comic strip media can be a solution to improve students' writing skill in writing a story.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, H. (2018). Penggunaan media gambar pada kemampuan menulis cerita pendek bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram, 4 (1),41 – 47, Diambil dari https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.900

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan kemampuan meulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah menengah pertama, 4 (2), 161 - 174. Diambil dari https://www.neliti.com/id/publications/53888/peningkatan-kemampuan-menulis-teks-eksplanasi-dengan-menggunakan-media-audiovisu

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan media gambar seri sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia, 2(2), 94–100. Diambil dari https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56

Damayanti, L. (2016). Pengaruh media cerita bergambarterhadap sosial anak didik kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Pelajaran 2014 -2015, 11–23. Diambil dari https://doi.org/10.25273/jcare.v3i2.543

Fuadah, Y. T. (2022). Penggunaan media cerita bergambar dalam pembelajaran anak usia dini, 8(1), 68 – 77. Diambil dari https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin

Hasanah, U., Safitri, I., & Nasution, M. (2021). Menganalisis perkembangan mediapembelajaran matematika terhadaphasil belajar berbasis game. Indonesia Jurnal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211. Diambil dari https://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/125

Indriani, E., Sabri, T., & Kartono. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar pada pembelajaran tematik kelas II sekolah dasar, 11, 1–10. Diambil Dar https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53289

Karima, R., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2021). Analisis kebutuhan awal pengembangan media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA kelas VI SD, (95 – 104). Di ambil dari https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2021/08/11.-Retmaniar-Karima-Analisis-Kebutuhan-Awal-Pengembangan-Media-Untuk-Meningkatkan-Motivasi-dan-Hasil-Belajar-.pdf

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi Rishe Purnama, (2018). pembelajaran bahasa indonesia untuk SD (Diman, Thomas). Bekasi : Media Maxima.

Kusripinah, R. R. E., & Subrata, H. (2022). Penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan literasi baca tulis:literature review, 11(4). Diambil dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/13507

Musyadad Vina Febiani, Supriatna, A., & Aprilia, D. (2021). Media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, 10–18. Diambil dari https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/287

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman, (2022). MEDIA PEMBELAJARAN. Makasar : Badan Penerbit UNM

Ramadhani, A., Angkris Tambunan, M., Saragih, V. R., Sirait, J., & Sitanggang, M. R. (2022). Pengaruh media komik digital untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek, 2, 251–260. Diambil dari https://jurnal.itscience.org/index.php/jbsi/article/view/1870

Sadikin, H., Nygrahani, F., & Suwarto. (2022). Penerapan metode mindmapping melalui ketrampilan menulis puisi dalam interaksi belajar mengajar di kelas IV sd.4, 7140–7156. Diambil dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7859

Siantar, C., Wahyudi, S., Muwarni, D., & Prasasti, S. (2024). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris pada fase A di SD Cita Hati Surabaya. Ideguru, 10(1), 43–49. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/1232

Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranmatematika materi bangun datar kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon , 6, 1537–1547. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24196

Sugiyono, (2013). Metode penelitian kualitiatif, Bandung : Alfabeta CV.

Sulistyorini, T., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2024). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar melalui pendekatan assure pada pembelajaran menlis di sekolah dasar, 11 (2), 551–562. Diambil dari https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/2724

Syafitri, W., & Hendratno. (2021). Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas IV sekolah dasar, 9. Di ambil dari (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/2458).

Trihono, E. S, (2017). kemampuan menulis teks naratif. Malang : Media Nusa Creative

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>