ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN MEDIA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MURID DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20101Keywords:
Picture Story, story writing abilityAbstract
Indonesian language is one of the lessons which must be given to the students from elementary school until university. It is because this lesson can't be separated with other knowledges. This research was to analyze media development needs as an action to improve student's writing skill in Indonesian lesson. The research method was descriptive qualitative and the research instruments were teacher's score record, interview, and questionnaire which was given to teachers and students. According to student's pre test, it could be seen the worst score was 65 and the best score was 85 with the average score 66. This problem was because teaching media was not varied, students were not interested in writing, and teaching method was not varied as well. The research result was shown most of the students need a media in comic strip to help them in writing. The research conclusion was comic strip media can be a solution to improve students' writing skill in writing a story.Downloads
References
Achmad, H. (2018). Penggunaan media gambar pada kemampuan menulis cerita pendek bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram, 4 (1),41 – 47, Diambil dari https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.900
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan kemampuan meulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah menengah pertama, 4 (2), 161 - 174. Diambil dari https://www.neliti.com/id/publications/53888/peningkatan-kemampuan-menulis-teks-eksplanasi-dengan-menggunakan-media-audiovisu
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan media gambar seri sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia, 2(2), 94–100. Diambil dari https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56
Damayanti, L. (2016). Pengaruh media cerita bergambarterhadap sosial anak didik kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Pelajaran 2014 -2015, 11–23. Diambil dari https://doi.org/10.25273/jcare.v3i2.543
Fuadah, Y. T. (2022). Penggunaan media cerita bergambar dalam pembelajaran anak usia dini, 8(1), 68 – 77. Diambil dari https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
Hasanah, U., Safitri, I., & Nasution, M. (2021). Menganalisis perkembangan mediapembelajaran matematika terhadaphasil belajar berbasis game. Indonesia Jurnal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211. Diambil dari https://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/125
Indriani, E., Sabri, T., & Kartono. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar pada pembelajaran tematik kelas II sekolah dasar, 11, 1–10. Diambil Dar https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53289
Karima, R., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2021). Analisis kebutuhan awal pengembangan media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA kelas VI SD, (95 – 104). Di ambil dari https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2021/08/11.-Retmaniar-Karima-Analisis-Kebutuhan-Awal-Pengembangan-Media-Untuk-Meningkatkan-Motivasi-dan-Hasil-Belajar-.pdf
Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi Rishe Purnama, (2018). pembelajaran bahasa indonesia untuk SD (Diman, Thomas). Bekasi : Media Maxima.
Kusripinah, R. R. E., & Subrata, H. (2022). Penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan literasi baca tulis:literature review, 11(4). Diambil dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/13507
Musyadad Vina Febiani, Supriatna, A., & Aprilia, D. (2021). Media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, 10–18. Diambil dari https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/287
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman, (2022). MEDIA PEMBELAJARAN. Makasar : Badan Penerbit UNM
Ramadhani, A., Angkris Tambunan, M., Saragih, V. R., Sirait, J., & Sitanggang, M. R. (2022). Pengaruh media komik digital untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek, 2, 251–260. Diambil dari https://jurnal.itscience.org/index.php/jbsi/article/view/1870
Sadikin, H., Nygrahani, F., & Suwarto. (2022). Penerapan metode mindmapping melalui ketrampilan menulis puisi dalam interaksi belajar mengajar di kelas IV sd.4, 7140–7156. Diambil dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7859
Siantar, C., Wahyudi, S., Muwarni, D., & Prasasti, S. (2024). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris pada fase A di SD Cita Hati Surabaya. Ideguru, 10(1), 43–49. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/1232
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranmatematika materi bangun datar kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon , 6, 1537–1547. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24196
Sugiyono, (2013). Metode penelitian kualitiatif, Bandung : Alfabeta CV.
Sulistyorini, T., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2024). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar melalui pendekatan assure pada pembelajaran menlis di sekolah dasar, 11 (2), 551–562. Diambil dari https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/2724
Syafitri, W., & Hendratno. (2021). Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas IV sekolah dasar, 9. Di ambil dari (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/2458).
Trihono, E. S, (2017). kemampuan menulis teks naratif. Malang : Media Nusa Creative
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.