PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Magdalena Chori Rahmawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Arifin Maksum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Nina Nurhasanah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19349

Keywords:

persepsi, guru SD, pembelajaran multikultural

Abstract

Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi kekayaan nasional berharga dan sumber konflik. Pendidikan diharapkan mampu menjadi solusi dalam pemecahan konflik keberagaman. Guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan berperan dalam penanaman pentingnya pemahaman siswa tentang multicultural, Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran tentang persepsi guru terhadap pendidikan multikultural di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Responden penelitian adalah 20 guru SD Santo Markus 2 Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala likert. Instrumen angket yang digunakan adalah angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan 80% guru memiliki pemahaman yang baik tentang multikulturalisme. 59% guru telah mencoba menerapkan pembelajaran multikultural di kelas. 40% menyatakan bahwa dukungan sekolah belum sepenuhnya optimal. 70% guru menyatakan bahwa pembelajaran multikultural memberi dampak positif bagi siswa. 60% guru menyatakan hambatan utama dalam implementasi pembelajaran multikultural adalah kesulitan dalam mencari bahan ajar yang relevan. Sebanyak 68% menyarankan pengintegrasian materi multikultural secara eksplisit dalam kurikulum, pentingnya kerjasama dengan pihak luar, dan perlu adanya pelatihan atau seminar khusus bagi guru tentang pembelajaran multikultural.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfa, A. M., & Lasaiba, M. A. (2022). Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan. GEOFORUM Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 111-125. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jgse/article/view/8535

Atmaja, G. M. W., Arniati, I. A. K., & Pradana, G. Y. K. (2020). Bhineka tunggal ika as source politics and identity of Indonesian culture in the formation of law. Cultura, 17(1), 57-72. https://doi.org/10.3726/CUL012020.0004

Gollnick, D. M., & Chinn, P. C. (2013). Multicultural education in a pluralistic society. Pearson Higher Ed.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kollo, M., Meluk, O. D., Rohi, D., Sabu, O., & Banu, R. (2024). Persepsi Guru Sejarah Tentang Pendidikan Multikultural dan Penerapannya dalam Pembelajran (Sebuah Upaya Pembentukan Jatidiri Siswa Yang Multikultur): Indonesia. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 66-76. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/173

Kompas. (2022, March 16). Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/stori/read/2022/03/16/080000779/akibatkeberagaman-masyarakat-indonesia?page=all

Mahendra, P. R. A. (2023). Peran Pendidikan IPS dalam Pendidikan Multikultural. Journal on Education, 5(2), 4468-4475. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1171

Novianti, N. (2022). Indonesian folk narratives: On the interstices of national identity, national values, and character education. Journal of Ethnology and Folkloristics, 16(1), 99-116. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=1076530

Nur, M. (2024). Persepsi Guru Tentang Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran di SMP Negeri 2 Rantau Utara. Edukatif, 2(2), 228-233. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/649

Pradana, R. W. B. (2018). Menumbuhkan karakter peserta didik melalui pendidikan multikultural pada pembelajaran seni budaya. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1389. https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1349

Pratiwi, I. A., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2018). Pendidikan Multikultural Berbantuan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 109-119. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1298

Pratiwi, I. A., Kanzunnudin, M., & Rondli, W. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Berbasis Multikultural. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/579

Shen, S. (2019). Teaching ‘multiculturally’: geography as a basis for multicultural education in Korea. Multicultural Education Review, 11(1), 37-58. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/2005615X.2019.1567092

Tempo. (2015, May 21). Konflik yang Dipicu Keberagaman Budaya Indonesia. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/668047/konflik-yang-dipicu-keberagaman-budaya-indonesia

Tinambunan, D. R., Saragih, J., Situmeang, T. A., Philia, I. T., & Sintania, L. S. (2024). Analisis Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Mulitikultural

Downloads

Published

2024-12-10