PENGARUH MEDIA PERMAINAN UNDERCOVER TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Amirah Fakhriah Nazihah Pelupessy Universitas Negeri Jakarta
  • Nina Nurhasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Yofita Sari Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Media permainan Undercover, ranah kognitif, hasil belajar, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan Undercover terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di SDN Cawang 12. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis berupa soal esai sebanyak 5 soal. Hasil uji statistik menggunakan Paired Samples Test diperoleh hasil thitung kelas eksperimen 17,55 sedangkan ttabel 1,72. Sedangkan, uji-t pada kelas kontrol diperoleh thitung 7,04 sedangkan ttabel 1,72. Pada kelas eksperimen maupun kontrol thitung lebih besar daripada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti kedua kelas menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar. Karena kedua kelas memiliki pengaruh, maka dilihat dari uji N-Gain, kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain sebesar 0,60 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai N-Gain sebesar 0,35. Hal ini menunjukkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media permainan Undercover terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa SD kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TINGKAT SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assessing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. Longman. https://haqaa2.obsglob.org/wp-content/uploads/2020/11/2001_Anderson_A-taxonomy-for-learning-teaching-and-assessing.-A-Revision.pdf

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Hidayah, Wahyudin, M., Punggeti, R. N., Suwarma, Di. M., Suyuti, Lindawati, & Rukiyanto, B. A. (2024). PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5456–5462.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Kusdiwelirawan. (2017). Statistika Pendidikan (Vol. 3). Uhamka Press.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 620–627.

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Resiana, N., Susilawati, E., Rahmani, E. F., Sumarni, & Rezeki, Y. S. (2024). The Use of Undercover Game Application In Teaching Vocabulary To Students Of Seventh Grade At Junior High School. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(7), 549–554.

Rosyidi, M. A. (2022). The Use of Undercover Game on Students’ Vocabulary Achievement. SyarifHidayatullahStateIslamicUniversity.

Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. ABILITY : Journal Of Education and Social Analysis, 3(1), 30–36.

Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Jamaludin, Ed.). Ghalia Indonesia.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya (Ed. Rev. Cet. 6). Rineka Cipta.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D.

Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian : Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. CHANGE PUBLICATION.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia.

Downloads

Published

2025-07-09