PENGEMBANGAN BUKU SISWA TEMATIK BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Magdalena Chori Rahmawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • M.Francine Avantie Samino Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Inosius Kalakmabin

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku siswa tematik berbasis budaya untuk siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SD YPPK Salib Suci Agats. Hasil penelitian pada isi berkategori sangat baik dari aspek isi materi, keakuratan materi, dan keabsahan dengan akumulasi dari rentang skor validitas yakni 92%, sedangkan desain buku siswa berkategori sangat baik dari ukuran buku, desain cover buku, desain isi buku, ilustrasi isi buku dengan akumulasi dari rentang skor validitas yakni 94,5%. Hasil analisis memperoleh A (81%-100%), maka buku siswa kualifikasinya sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan diperoleh data bahwa materi yang ada dalam buku jelas bagi siswa, memberi dampak positif, dan buku layak untuk digunakan. Dengan demikian produk buku siswa yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Branch, R. M. (2009). Instrictional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Harahap, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Di Kabupaten Padang Lawas Utara (Doctoral dissertation, UNIMED).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Panduan Teknis Memahami Buku Siswa dan Buku Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Marhaeni. (2013). Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Undiksha: Singaraja.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nahel, B. (2012). Pengertian Buku Siswa. (online) tersedia di http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2251813-pengertian-buku-siswa/ diunduh pada tanggal 28 Februari 2020.

Sabil, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02).

Sari, I. P. (2022). Pengembangan Buku Dongeng Bilingual Berbasis Literasi Budaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 177-185.

Wijiningsih, N., Wahjoedi, W., & Sumarmi, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1030-1036.

Downloads

Published

2022-12-22