PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ermawasari Universitas Negeri Padang
  • Abna Hidayati Universitas Negeri Padang
  • Yullys Helsa Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19320

Keywords:

Learning Resources, Digital Learning Resources, Mathematics

Abstract

This study aims to explore further information regarding the utilization of digital learning resources in mathematics education at the elementary school level. It also examines the role of teachers in integrating digital learning resources. The method used in this research is descriptive qualitative, employing a literature review approach. The researcher analyzes several articles from relevant journals related to previous studies on this topic. Data were collected by searching for various articles in online journals using Google Scholar. The conclusions of this study indicate that digital learning resources play a crucial role in enhancing student motivation and learning outcomes, especially in mathematics at the elementary school level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Anggraeni, A., & Fitria, Y. (2023). Transformasi Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5463-5477.

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi manajemen pendidikan, 9(3), 619-638.

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1-15.

Azhar, M., Wahyudi, H., & Yolanda, D. (2024). Integrasi Teknologi dalam Buku Ajar: Menyongsong Keterampilan Abad 21. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 43-55.

Barokah, A., Wiharja, A., Sekarwangi, D. P., & Khoerunnissa, V. (2024). Studi Literatur: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Game pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13330-13338.

Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran berbasis digital (Penggunaan animasi digital pada start up sebagai metode pembelajaran siswa belajar aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173-182.

Hsb, S. J. (2024). Pemanfaatan Sumber Belajar Digital Dalam Pembelajaran PAI. Analysis, 2(1), 179-186.

Ikbal, M. D., Widiyanto, Y., & Pramono, B. (2024). Kontribusi Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Pelatihan Bahasa Inggris. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(1), 1-7.

Khaira, H. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 39-44). FBS Unimed Press.

Kurniawan, H., Hakim, L., Sanulita, H., Maiza, M., Arisanti, I., Rismawan, M., ... & Amalia, M. M. (2023). Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lase, M. B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 15-27.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.

Lutfi, L. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini di RA Hasanussholihat Tangerang. Jurnal Tahsinia, 4(2), 288-299.

Mawardi, A. (2023). Edukasi pendidikan agama islam dalam pemanfaatan sumber-sumber elektronik pada siswa madrasah ibtidaiyah. Journal on Education, 6(1), 8566-8576.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.

Nendi, F., & Pd10, M. (2023). Transformasi Pembelajaran pada Modul Ajar dan Teknologi Digital bagi Pemebelajaran Berbasis Diferensiasi. Ilmu Pengetahuan dan Pedagogi dalam Terapan Serta Teknologi, 71.

Nurholifah, L., & Zakia, N. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Implementasi Quizizz dalam Konteks Pendidikan Digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 51-61.

Nurillahwaty, E. (2022, December). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. In Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 1, pp. 81-85).

Pambudi, M. A. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(03), 636-646.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28.

Rizal, A. S. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11-28.

Sadiyah, A., & Wathon, A. (2022). Manfaat Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sistim Informasi Manajemen, 5(2), 153-169.

Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023, July). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. In Seminar Nasional Dies Natalis 62 (Vol. 1, pp. 32-37).

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126.

Suradji, M. (2018). Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesiswaan, kepegawaian dan keuangan di sma muhammadiyah 1 Gresik. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 347-371.

Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah ilmu pendidikan, 5(1), 153-161.

Usman, U. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1).

Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444-451.

Zazin, N., & Zaim, M. (2019). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1).

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis tantangan dan peluang guru di era digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21-28.

Downloads

Published

2024-12-25