KETERLIBATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI (TIK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI JENJANG SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.18594Keywords:
technology involvement, learning quality, information and communication technology (ICT)Abstract
This research aims to explore and investigate the potential for the involvement and utilization of Information and Communication Technology (ICT). Involving 21st-century learning, the study also examines the role of ICT in improving the quality of education at the elementary school level. The method used in this research is a descriptive-qualitative method with a literature review approach. The researcher analyzed several articles from relevant journals related to previous research discussions. Data were collected by searching for various articles in online journals using Google Scholar. The conclusion of this research indicates that the involvement of ICT brings significant transformation in education by enhancing the quality of the learning process and outcomes.Downloads
References
Anggraeni, A., & Fitria, Y. (2023). Transformasi Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5463-5477.
Hadi, A. F., Az-Zahra, F., & Salsabila, N. (2023). Strategi organisasi pendidikan di tingkat sekolah menengah dalam menghadapi tantangan global. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 178-189.
Jamun, Y. M., Ntelok, Z. R. E., & Ngalu, R. (2023). Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2149-2158.
Khatibah, K. (2011). Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 05 (01), 36–39.
Nasabiyah, S. N., Santika, S. P., Puspita, S. P. I., Kholifah, S. U., Gandhi, S. K., Al Hakim, S., & Malikah, N. (2024). Peran Teknologi dan Komunikasi (TIK) Dalam Proses Pembelajaran di MA Miftahul Ulum Kedungpanji. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 351-364.
Nurdina, H., Martono, T., & Sangka, K. B. (2019). Tantangan dan peluang sekolah menengah kejuruan melalui pendidikan kewirausahaan dalam menghadapi era digital. Surya Edunomics, 3(1), 22-34.
Paramita, W., & Fitria, Y. (2023). PEMANFAATAN TIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6152-6160.
Pardede, O. P. G., & Khairunnisa, K. (2024). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(4), 21535-21540.
Ramadani, A. M., Apris, N. S., Putri, S. A., & Rustini, T. (2024). MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS AWAL. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(6), 66-77.
Riyanti, A., Agus, E., Sugito, E., Murthada, M., & Lapasau, M. (2024). Penguasaan Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri: Pemanfaatan Teknologi Infiormasi Dan Komunikasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3513-3520.
Sembiring, P. S. M. A., Gultom, F. E., & Debora, M. (2023). The Penerapan Optimalisasi Keterampilan 4C (Creative Thinking, Critical Thinking And Problem Solving, Communication, Collaboration) Dalam Pembelajaran Contextual Oral Language Skillse. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(3), 391-399.
Setyowati, E., Nugrahani, A., Surahman, H., & Kinanti, K. P. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN HARD SKILL DAN SOFT SKILL PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 BATU DALAM MENYONGSONG ERA INDUSTRI 5.0. Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa), 2(7), 80-89.
Simanjuntak, R., Aritonang, C., Simaremare, A., & Angraini, E. S. (2024). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Interaksi Efektif Dalam Pembelajaran. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(3), 47-53.
Sukmanasa, E., Anwar, W. S., & Novita, L. (2023). Penerapan keterampilan abad 21 di Kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).
Syahlan, M., Hanafi, H., & Padli, P. (2024). Peran teknologi terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 380-388.
Ully, C. S., & Nugraheni, N. (2024). Teknologi Berperan Penting Dalam Pendidikan Lanjutan Khususnya Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 133-141.
Utomo, R., & Ernawati, F. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Amanah Ummah Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).
Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran era revolusi industri 4.0. In SNPPM-2 (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.