PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.
Keywords:
Kata kunci : Model pembelajaran Jigsaw dan kemampuan membaca Bahasa Inggris.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris pada siswa kelas IV di SDN KLITIK 1 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian tindakan kelas dirancang dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Cakupan materi yang diambil adalah sama antara siklus 1 dan siklus 2 yakni mengenai materi “What are you doing” dengan penambahan kosa kata pada siklus ke 2. Dalam hal pengambilan data, obrserver menggunakan teknik pengambilan data berupa kuantitatif dengan menghitung skor penilaian pada kemampuan membaca Bahasa Inggris yang terdiri atas penilaian kalimat dan kata pada setiap peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang terjadi pada kemampuan membaca peserta didik kelas 4 sejumlah 27,9 setelah peneliti menggunakan model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris.Downloads
References
Arta, I Made. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas v sd negeri 4 tenganan semester ii tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah. Vol 1. No 1.
Dwijayanti, Md Arini, Md.Yudana, dan AAIN Marhaeni. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Amlapura. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.
Fathi & Behnam, 2010. The Relationship between Reading Performance and Field Dependence/Independence Styles. Journal of Teaching English as a Foreign Language and Literature, Islamic Azad University, North Tehran Branch, 1 (1), 49-62, Winter 2009
Muntiani, Rufi’i. dan Hari Karyono. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Dan K-W-L Terhadap Kemampuan Membaca Teks Report Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Balongpanggang. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Vol.7 No.3.
Tengah Dewa Putu. (1995). Masalah dan Tantangannya Pendidikan Abad 21. Makalah disampaikan pada Seminar Guru dan Pendidikan Guru di Kampus STKIP Negeri Singaraja 17 Nopember 1995
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.