PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 02 NAMBANGAN KIDUL KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16655Keywords:
Model PBL, Media Lapbook, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penggunaan model PBL bebantuan media lapbook. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Proses peningkatan mutu pembelajaran dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Subjek dan latar penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul, Kota Madiun yang terbagi menjadi 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan untuk tahun ajaran 2024–2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus, dimulai dari prasiklus dan berlanjut hingga siklus I dan II. Peningkatan rata-rata dan persentase prasiklus dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa hasil keberhasilan belajar siswa telah meningkat. Dari 66,56 pada prasiklus menjadi 73,93 pada siklus I dan 83,12 pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat. Lebih lanjut, proporsi siswa yang tuntas pada setiap siklus meningkat. Tuntas prasiklus sebesar 43,75%, tetapi pada siklus I dan siklus II, persentasenya meningkat masing-masing menjadi 62,5% dan 93,75%. Secara ringkas, peningkatan ini menunjukkan bahwa penelitian berhasil dan dapat dikatakan hasil belajar siswa sudah memenuhi KKM.Downloads
References
Buku :
Arikunto, S (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Jurnal :
Antosa, Z., & N, L. (2020). RESILIENCE SCIENTIFIC APROACH DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAPBOOK. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1). https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7909
Aureliya, *Tasya, Zulfan, Z., & Kesuma, T. B. (2022). Pengaruh Media Lapbook terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSS Darul Hikmah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4), 228–235. https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22172
Ayu Suarsani. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. JP2, 2(1).
Dewi Muttaqien, M., Apriani Sa, N., & Al-Hamidiyah Jakarta, S. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN LAPBOOK: PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA DINI. P-ISSN, 3(1), 61–75. https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.1462
Hery Okta Rivaldi, K., Ngurah Semara Putra, Dbk., Ketut Adnyana Putra, I., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128–135.
Ikhwa Nurhuda, N., Hendrawan, B., Artikel Abstrak Kata kunci, I., Sudut, M., & Belajar Matematika, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori Dan Kinestetik (VAK) Berbantuan Media Jam Sudut Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III. In Buana Pendidikan (Vol. 17, Issue 1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index
Komarudin, & Rizka Prihandana Nugraha. (2021). The effect of online learning on students’ understanding of football learning during the Covid-19 pandemic Komarudin*, Rizka Prihandana Nugraha. MEDIKORA, 20(2), 143–152.
Luthfiyah, & Zaenal Mustakim. (2024). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL, 3, 148–157. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v3i1.1976
Mayasari, A., Arifudin, O., Juliawati, E., & Sabili Bandung, S. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN (Vol. 3, Issue 2).
N.K. Mardani, N.B. Atmadja, & I.N.Suastika. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272
Retnowati, E., Nugraheni, N., Azizah, L. N., Semarang, U. N., Negeri, S. D., & Ngisor, B. (2023). Penerapan Model PJBL Berbantuan Lapbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Bendan Ngisor. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.8139233
Suswati Sman, U. (2021). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA. 1(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.