PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MATERI BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18853Keywords:
Pop Up Book media, flat shapes, ethnomathematics, Karo ethnic groupAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Pop Up Book materi bangun datar berbasis etnomatematika menggunakan model PBL untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini berupa media Pop Up Book materi bangun datar berbasis etnomatematika menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu: 1) ) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Validasi ahli media yang dilakukan pada tanggal 1 Juni 2024 dengan hasil skor 93,51%. Validasi ahli materi dilakukan tanggal 1 Juni 2024 dengan hasil skor 96,87%. Validitas RPP dilakukan tanggal 1 Juni 2024 dengan hasil skor 95,58%. Validitas observasi keterlaksanaan pembelajaran dilakukan dua pertemuan dengan hasil rata skor 3,71. Hasil angket respon guru diperoleh dengan skor 100%. Hasil angket respon siswa jumlah skor total yang diperoleh yaitu 995 dengan rata-rata 3,24. Hasil N-Gain keaktifan siswa sebesar 0,57 kategori sedang. Kata Kunci: media Pop Up Book, bangun datar, berbasis etnomatematika suku karoDownloads
References
Disnawati, H & Nahak, S (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada materi pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64-79.
Desniarti, Zulfitri, Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bagi guru SD swasta IT darussalam.
Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021).The application of augmented reality inelementaryschooleducation.Research,SocietyandDevelopment,10(3),e14910312823.Hal :1-2Rahmawati, C. (2019).
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Nur, Ovi Ocvrianda & Sujarwo, Sujarwo (2022). Indonesian Research Journal On Education 2022. 2. 2. 478-485
Karina & Sujarwo. 2023. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Masalah Pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) Volume 7 Nomor 2. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1849
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.