PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MATERI BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI KELAS IV

Authors

  • Herdianto Sembiring PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al washliyah
  • Sujarwo PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18853

Keywords:

Pop Up Book media, flat shapes, ethnomathematics, Karo ethnic group

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Pop Up Book materi bangun datar berbasis etnomatematika menggunakan model PBL untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini berupa media Pop Up Book materi bangun datar berbasis etnomatematika menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu: 1) ) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Validasi  ahli media yang dilakukan pada tanggal 1 Juni 2024 dengan hasil skor 93,51%. Validasi ahli materi dilakukan tanggal 1 Juni 2024 dengan hasil skor 96,87%. Validitas RPP dilakukan tanggal 1 Juni 2024 dengan hasil skor 95,58%. Validitas observasi keterlaksanaan pembelajaran dilakukan dua pertemuan dengan hasil rata skor 3,71. Hasil angket respon guru diperoleh dengan skor 100%. Hasil angket respon siswa jumlah skor total yang diperoleh yaitu 995 dengan rata-rata 3,24. Hasil N-Gain keaktifan siswa sebesar 0,57 kategori sedang. Kata Kunci: media Pop Up Book, bangun datar, berbasis etnomatematika suku karo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Disnawati, H & Nahak, S (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada materi pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64-79.

Desniarti, Zulfitri, Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bagi guru SD swasta IT darussalam.

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395.

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021).The application of augmented reality inelementaryschooleducation.Research,SocietyandDevelopment,10(3),e14910312823.Hal :1-2Rahmawati, C. (2019).

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.

Nur, Ovi Ocvrianda & Sujarwo, Sujarwo (2022). Indonesian Research Journal On Education 2022. 2. 2. 478-485

Karina & Sujarwo. 2023. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Masalah Pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) Volume 7 Nomor 2. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1849

Downloads

Published

2024-10-01