PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING di SDN 106838 JATI MULYO

Authors

  • Suerningsih Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sujarwo Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33835

Keywords:

learning outcomes, Thematic Theme 7, Videoscribe

Abstract

The purpose of this study was to produce a videoscribe media product with a problem-based learning model to improve student learning outcomes. This study found a lack of utilization of audio-visual-based learning media that supports the teaching and learning process in the classroom and teachers of SD Negeri 106838 Jati Mulyo had never used Videoscribe learning media. The method used in this study is the development method or Research and Development (R&D) using the ADDIE model. The results obtained from several expert validators, namely media experts got a feasibility score of 76.9%, material experts got a feasibility score of 85%, teacher responses got a feasibility score of 91.6%, and student responses got a feasibility score of 95.3%. Thus, videoscribe media with a problem-based learning model is very suitable for use in the learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

guru terhadap suatu program

pembelajaran, materi pembelajaran,

atau metode pengajaran yang telah

diimplementasikan. Dari data

kemudian dianaisi dan kemudian

Berdasarkan penilaian yg diberikan

oleh guru dalam memvalidasi mtode

pembelajaran ini maka Dalam kasus

ini, dengan total skor 44 dan total skor

maksimal 48, kita dapat menghitung

persentase skor validator sebagai

berikut: Persentase skor = (44 / 48) x

100 = 91,6% Berdasarkan hasil

tersebut, validator telah memperoleh

skor sebesar 91,6% dari skor

maksimal, sehingga media yang

dikembangkan dikatakan sangat layak

digunakan.

sebagai berikut: Persentase skor =

(610 / 640) x 100 = 95,3%

Berdasarkan hasil tersebut, validator

telah memperoleh skor sebesar

95,3% dari skor maksimal, sehingga

media yang di kembangkan dikatakan

sangat layak digunakan.

Data validasi respon siswa

Data validasi respon siswa adalah

data yang digunakan untuk

mengumpulkan tanggapan dan

umpan balik dari siswa terhadap

materi pembelajaran atau

pengalaman belajar yang mereka

alami. Dari data kemudian dianaisi

dan kemudian Berdasarkan penilaian

yg diberikan oleh siswa, dengan total

skor yang di dapatkan, yaitu 610 dan

total skor maksimal 640, kita dapat

menghitung persentase skor

E. Kesimpulan

Media videoscribe dengan

model problem based learning telah

memperoleh validasi yang baik dan

dikatakan sangat layak di gunakan

dalam proses pembelajaran dan dapat

meningkatkan hasil belajar siswa.

Namun, masih terdapat ruang untuk

perbaikan dan peningkatan lebih

lanjut guna mencapai tingkat validasi

yang lebih tinggi. Hasil analisis ini

memberikan panduan penting bagi

pengembangan dan penggunaan

media pembelajaran yang lebih baik di

masa depan.

DAFTAR PUSTAKA

Air, Jon, Dkk. (2014). Video Scribing

Howw Whiteboard Animation Will

Get You Heard. Bristol, UK: Sparkol

Books

Amir, M, Taufiq. (2019). Inovasi

Pendidikan Melalui Problem Based

Learning, Bagaimana Pendidik

Memberdayakan Pelajar di Era

Pengetahuan. Jakarta: Kencana

Pernada Media Group.

Downloads

Published

2025-09-26