PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING di SDN 106838 JATI MULYO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33835Keywords:
learning outcomes, Thematic Theme 7, VideoscribeAbstract
The purpose of this study was to produce a videoscribe media product with a problem-based learning model to improve student learning outcomes. This study found a lack of utilization of audio-visual-based learning media that supports the teaching and learning process in the classroom and teachers of SD Negeri 106838 Jati Mulyo had never used Videoscribe learning media. The method used in this study is the development method or Research and Development (R&D) using the ADDIE model. The results obtained from several expert validators, namely media experts got a feasibility score of 76.9%, material experts got a feasibility score of 85%, teacher responses got a feasibility score of 91.6%, and student responses got a feasibility score of 95.3%. Thus, videoscribe media with a problem-based learning model is very suitable for use in the learning process.Downloads
References
guru terhadap suatu program
pembelajaran, materi pembelajaran,
atau metode pengajaran yang telah
diimplementasikan. Dari data
kemudian dianaisi dan kemudian
Berdasarkan penilaian yg diberikan
oleh guru dalam memvalidasi mtode
pembelajaran ini maka Dalam kasus
ini, dengan total skor 44 dan total skor
maksimal 48, kita dapat menghitung
persentase skor validator sebagai
berikut: Persentase skor = (44 / 48) x
100 = 91,6% Berdasarkan hasil
tersebut, validator telah memperoleh
skor sebesar 91,6% dari skor
maksimal, sehingga media yang
dikembangkan dikatakan sangat layak
digunakan.
sebagai berikut: Persentase skor =
(610 / 640) x 100 = 95,3%
Berdasarkan hasil tersebut, validator
telah memperoleh skor sebesar
95,3% dari skor maksimal, sehingga
media yang di kembangkan dikatakan
sangat layak digunakan.
Data validasi respon siswa
Data validasi respon siswa adalah
data yang digunakan untuk
mengumpulkan tanggapan dan
umpan balik dari siswa terhadap
materi pembelajaran atau
pengalaman belajar yang mereka
alami. Dari data kemudian dianaisi
dan kemudian Berdasarkan penilaian
yg diberikan oleh siswa, dengan total
skor yang di dapatkan, yaitu 610 dan
total skor maksimal 640, kita dapat
menghitung persentase skor
E. Kesimpulan
Media videoscribe dengan
model problem based learning telah
memperoleh validasi yang baik dan
dikatakan sangat layak di gunakan
dalam proses pembelajaran dan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Namun, masih terdapat ruang untuk
perbaikan dan peningkatan lebih
lanjut guna mencapai tingkat validasi
yang lebih tinggi. Hasil analisis ini
memberikan panduan penting bagi
pengembangan dan penggunaan
media pembelajaran yang lebih baik di
masa depan.
DAFTAR PUSTAKA
Air, Jon, Dkk. (2014). Video Scribing
Howw Whiteboard Animation Will
Get You Heard. Bristol, UK: Sparkol
Books
Amir, M, Taufiq. (2019). Inovasi
Pendidikan Melalui Problem Based
Learning, Bagaimana Pendidik
Memberdayakan Pelajar di Era
Pengetahuan. Jakarta: Kencana
Pernada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.