METODOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI

Authors

  • Eka Oktavia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Aliyatul Himmah Universitasas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Santika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Wanidi Siregar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18847

Keywords:

methodology, Education, Al-Ghazali

Abstract

Education is a crucial component of life and has been a topic of discussion among scholars, including Imam al-Ghazali. This research examines the methodology of Islamic education from al-Ghazali's perspective. The results indicate that al-Ghazali's educational methodology emphasizes religious and moral education. He argues that the goal of Islamic education is to form a perfect human being. Al-Ghazali's thoughts lean towards education in faith, morals, intellect, social aspects, and physical well-being. In curriculum development, al-Ghazali adopts two approaches: religious and pragmatic. According to his perspective, Islamic education materials include faith education, moral education, intellectual education, social education, and physical education. Al-Ghazali stresses that a good teacher must be intelligent, wise, and possess commendable qualities. Meanwhile, students should be humble, cleanse themselves of bad traits, be obedient, and maintain consistency. Educational evaluation encompasses all activities related to responsibility in the educational process. This research provides insights into al-Ghazali's educational methodology in achieving national education goals, considering the challenges of evolving times and other influencing factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alam, N. A. R. (2015). PANDANGAN AL-GHAZALI MENGENAI PENDIDIKAN AKLIAH (Tinjauan Teoretis dan Filosofis). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(2), 346. https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.2.346-367

Artika, L., Rabbani, M. Y., Ridho, M., Nafis, R., Siregar, N., & Gusnanda, I. (2023). Biografi Tokoh Tasawuf Al-Ghazali. Jurnal Pendelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 29–55.

Chairun Nasirin. (2019). Buku Metodologi Penelitian. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Hanafie, I., & Khojir, K. (2023). Kurikulum dalam Perspektif Imam al-Ghazali dan Relevansinya dengan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka. DAYAH: Journal of Islamic Education, 6(1), 60. https://doi.org/10.22373/jie.v6i1.15947

Jofipasi, R. A., Efendi, J., & Asri, R. (2023). Strategi Pendidikan Inklusif Berbasis Pemikiran Al-Ghazali : Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Special Education Lectura, 1(2), 15–23.

Kusmardiningsih, W. T. (2023). Pendidikan Islam Transformatif Imam Al-Ghazali: Upaya Mewujudkan Generasi Berakhlak Mulia. MANAGIERE: Journal of Islamic …, 2(2), 23. https://doi.org/10.35719/managiere.v2i2.1881

Mariyo, M. (2023). Konsep Pemikiran Imam Al Ghazali dalam Relevansi Pola Pendidikan Islam Indonesia dalam Era Globalisasi. Journal on Education, 5(4), 13045–13056. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2304

Nurohman. (2020). Konsep Pendidikan Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(1), 41–60. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.189

Practice, B., & Building, C. (2014). PRINSIP PE NDIDIKAN KARAKTE R DALAM ISLAM ( Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji ) Agus Setiawan Abstract : Keywords : character building , the thought of Al-Ghazali ’ s and Al-Zarnuji A . PE NDAHULUAN Bangsa Indonesia saat ini diyakini sedang mengalami berbagai kemerosotan akibat dari krisis moral . Parahnya lagi adalah hampir pada semua segmen kehidupan dan seluruh lapisan masyarakat dan tak terkecuali sampai kepada segmen pendidikan . Keadaan pendidikan akhir-akhir ini di Indonesia semakin memprihatinkan dan meresahkan masyarakat . Krisis yang paling menonjol dari dunia pendidikan adalah krisis pendidikan moral / akhlak atau dalam pengertian sekarang adalah krisis karakter . Dikatakan oleh Erie Sudewo dalam bukunya Best Practice Character Building yang dikutip oleh Anas Salahuddin Agus Setiawan dan Irwanto Alkrienciehie bahwa kemelut Indonesia yang semakin carut marut ini diyakini karena ketiadaan karakter . 1 Kenihilan karakter pada suatu bangsa tentu akan menjadi masalah besar dan menjadikan bangsa ini ibarat layangan putus dan limbung diterpa angin , sehingga akan menghilangkan martabat sebagai suatu negara . Realitas yang ada , rendahnya nilai karakter bangsa ini semakin membuat dekadensi moral yang tidak hanya dibuat oleh rakyat tapi juga merambah kepada para penguasa pemerintahan , hal ini terbukti dengan semakin banyaknya para penguasa yang ditangkap KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ) karena kasus korupsi . 2 Menurut data Kemendagri , sampai akhir tahun Juni 2013 , terdapat 21 Gubernur , 7 Wakil Gubernur , 156 Bupati , 46 Wakil Bupati , 41 Walikota , 20 Wakil Walikota yang tersangkut kasus hukum , sebagian besar perkara korupsi . 3 Tidak hanya kasus seperti di atas , lebih parahnya lagi adalah kasus yang ada di Departemen Agama yaitu yang berkenaan dengan kasus pengadaan al-Qur ’ an , seharusnya menjadi panutan namun sebaliknya yaitu menjadi contoh yang tidak baik dengan kasus korupsi yang melibatkan orang yang sebenarnya paham agama , namun karena kemerosotan akhlak / karakter membuat lupa dosa atau perbuatan haram . Selanjutnya pada kasus remaja yang notabenenya adalah sebagai status pelajar yang juga semakin memprihatinkan dengan banyaknya penyimpangan. 1, 1–12.

Setyadi, R., Paulus, yesaya tommy, Mutawalli, L., Dwiasnati, S., Iswara, ida bagus ary indra, & Ambrasari, erlin windia. (2022). Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi ( MISI ) jurnal Manajemen Informatika nformatika & Sistem Informasi ( MISI ) ISSN : 2614-1701 ( Cetak ) – 2614-3739 ( Online ) ii. 5, 29. https://doi.org/10.36595/misi.v5i1

Supardi, D., Ghofar, A., & Nuryadien, M. (2017). Konsep Pendidikan Moral Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 01(02), 3. file:///C:/Users/Asus/Downloads/1235-3135-1-PB (1).pdf

Sutisna, Dr. Neneng Hasanah, M., Arlinta Prasetian Dewi, M. E. S., Ikhwan Nugraha, M., Katmas, E., Dr. Ali Mutakin, M. H., Nurhadi, S.Sos.I., M., Dr. Suparnyo, M., Dr. Kamarudin Arsyad, M., & Andi Triyawan, M. . (2021). Panorama Maqoshid Syari’ah. 177.

Wardanik, Y., Muhammd, D. H., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashin Ulwan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 480–487. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2132

Downloads

Published

2024-10-01