IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI PESANTREN MAQAMAM MAHMUDA TAKENGON
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20577Keywords:
Implementasi, manajemen keuangan, EkstrakurikulerAbstract
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan ilmu pengetahuan santri. Selain itu, pondok pesantren memiliki dinamika dan pengelolaan keuangan yang unik, terutama dalam konteks kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di pondok pesantren berperan penting dalam mendukung pengembangan keterampilan santri di luar kegiatan akademik, seperti seni, olahraga, dan keagamaan. Namun, keberhasilan kegiatan tersebut sangat bergantung pada pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pengurus pondok pesantren, bendahara, guru pembina ekstrakurikuler, dan santri yang aktif dalam kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan di Pondok Pesantren Mahmudah meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jenis kegiatan ekstrakurikuler. Sumber dana utama berasal dari iuran wali santri, dana hibah, dan hasil usaha mandiri pondok pesantren. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan dana, prioritas penggunaan anggaran, dan pengelolaan yang belum sepenuhnya terdigitalisasi. Untuk mengatasi kendala tersebut, pesantren mengembangkan strategi kolaborasi dengan pihak eksternal, seperti lembaga dan pemerintah daerah, serta meningkatkan transparansi dalam pengelolaan dana. Selain itu, penguatan unit usaha pesantren juga menjadi solusi untuk mendukung keberlanjutan pembiayaan kegiatan ekstrakurikuler.Downloads
References
Asdiana. (2018). Implikasi PemAzhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Bashori, & Zulkifli. (2022). Penerapan Manajemen Keuangan Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 160–173.
Fattah, N. (2018). (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593). 2(3), 25–33.
Futaqi, S. (2020). Manajemen Pengetahuan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 210–229. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2370
Ginanjar, M. H., & Purwanto, E. (2022). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 67.
Irawan Deddy, Parapat Dyah Atika, S. H. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Pondok Pesantren untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 486–493. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i1.5490
MS Syaifullah. (2021). Manajemen Keuangan Pendidikan. MS Syaifullah, volume 4,(23), 11–17.
Nazarudin, N., Setyaningsih, K., & Ardelya Kesumah, M. N. (2020). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Pada Pembiayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 131–146. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.993
Novita Mona. (2016). Sarana Dan Prasrana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga. Ilmiah Mahasiswa, 1, 2.
Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat. Fenomena, 9(1), 25. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.702
Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.45
Supriatna, D., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Implikasi Manajemen Pembiayaan Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 05(04), 17296–17307.
W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310
Winarsih, S. (2019). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. International Conference of Moslem Society, 1, 124–135. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409
Yadi, S., Nurrochim, N., & Ratnaningsih, S. (2023). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Lembaga Pendidikan SIT Citra Az-Zahra. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 748–756. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2038
biayaan Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal As-Salam, Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Bashori, & Zulkifli. (2022). Penerapan Manajemen Keuangan Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 160–173.
Fattah, N. (2018). (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593). 2(3), 25–33.
Futaqi, S. (2020). Manajemen Pengetahuan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 210–229. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2370
Ginanjar, M. H., & Purwanto, E. (2022). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 67.
Irawan Deddy, Parapat Dyah Atika, S. H. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Pondok Pesantren untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 486–493. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i1.5490
MS Syaifullah. (2021). Manajemen Keuangan Pendidikan. MS Syaifullah, volume 4,(23), 11–17.
Nazarudin, N., Setyaningsih, K., & Ardelya Kesumah, M. N. (2020). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Pada Pembiayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 131–146. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.993
Novita Mona. (2016). Sarana Dan Prasrana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga. Ilmiah Mahasiswa, 1, 2.
Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat. Fenomena, 9(1), 25. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.702
Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.45
Supriatna, D., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Implikasi Manajemen Pembiayaan Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 05(04), 17296–17307.
W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310
Winarsih, S. (2019). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. International Conference of Moslem Society, 1, 124–135. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409
Yadi, S., Nurrochim, N., & Ratnaningsih, S. (2023). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Lembaga Pendidikan SIT Citra Az-Zahra. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 748–756. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2038
Vol.2(3), 25–33.
Dwi, L., Arifin, Z., & Hanoum, R. N. (2018). Evaluasi Program Full Day School Berbasis Metode 360 Derajat Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. Edutcehnologia, 2(1), 60–69.
Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan Muhammad Nur Hakim / Implementasi MBS Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan Nidhomul Haq Vol 1 No : 2 Juli 2016 Muhammad Nur Hakim / Impl. Nidhomul Haq, 1(September), 104–114.
MS Syaifullah. (2021). Jurnal Scolae Jurnal of Pedagogy Vol.4 No.1 Juni 2021. MS Syaifullah, volume 4,(23), 11–17.
Mukti, A., & Budianti, Y. (n.d.). Upaya Pembinaan Akhlak Santri di Dayah Modern Maqamam Mahmuda Takengon. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2901
Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4614–4618.
Nurminah. (2023). ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARBARU. November, 167–173.
Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., Purba, B., Chaerul, M., Yuniwati, I., Siagian, V., & Rantung, G. A. J. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah.
Prasetyo, M. A. M. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Mendukung Kebijakan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren Di Kabupaten Aceh Tenggara. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.1152
Purwanza, S. W., Aditya, W., Ainul, M., Yuniarti, R. R., Adrianus, K. H., Jan, S., Darwin, Atik, B., Siskha, P. S., Maya, F., Rambu, L. K. R. N., Amruddin, Gazi, S., Tati, H., Sentalia, B. T., Rento, D. P., & Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).
Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430
Rawi, H. W., Adliya, S., Ainun, N., Harahap, N., Akmalia, R., Lubis, S. P., & Rachman, S. (2023). Peralihan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka pada siswa Sma melalui inovasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1349–1358.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). MANAJEMEN MUTU DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Bashori, & Zulkifli. (2022). Penerapan Manajemen Keuangan Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 160–173.
Fattah, N. (2018). (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593). 2(3), 25–33.
Futaqi, S. (2020). Manajemen Pengetahuan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 210–229. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2370
Ginanjar, M. H., & Purwanto, E. (2022). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 67.
Irawan Deddy, Parapat Dyah Atika, S. H. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Pondok Pesantren untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 486–493. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i1.5490
MS Syaifullah. (2021). Manajemen Keuangan Pendidikan. MS Syaifullah, volume 4,(23), 11–17.
Nazarudin, N., Setyaningsih, K., & Ardelya Kesumah, M. N. (2020). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Pada Pembiayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 131–146. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.993
Novita Mona. (2016). Sarana Dan Prasrana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga. Ilmiah Mahasiswa, 1, 2.
Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat. Fenomena, 9(1), 25. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.702
Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.45
Supriatna, D., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Implikasi Manajemen Pembiayaan Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 05(04), 17296–17307.
W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310
Winarsih, S. (2019). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. International Conference of Moslem Society, 1, 124–135. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409
Yadi, S., Nurrochim, N., & Ratnaningsih, S. (2023). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Lembaga Pendidikan SIT Citra Az-Zahra. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 748–756. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2038
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.