KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18400Keywords:
Literasi, Rasa Ingin Tahu, aljabarAbstract
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa pada materi aljabar untuk siswa yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, rasa ingin tahu yang cukup, rasa ingin tahu yang rendah, selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan apa saja factor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa pada materi aljabar ditinjau dari rasa ingin tahu siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyyah 1 Singkawang, dan objeknya adalah kemampuan literasi matematis ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada materi aljabar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh: 1) Kemampuan literasi matematis siswa pada materi aljabar untuk siswa yang memiliki rasa ingin tahu tinggi mempunyai rata-rata sebesar 73,81 dengan kategori cukup. 2) Kemampuan literasi matematis siswa pada materi aljabar untuk siswa yang memiliki rasa ingin tahu cukup mempunyai rata-rata sebesar 65,30 dengan kategori cukup. 3) Kemampuan literasi matematis siswa pada materi aljabar untuk siswa yang memiliki rasa ingin tahu rendah mempunyai rata-rata sebesar 63,30 dengan kategori cukup. 4) factor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada materi aljabar secaraumum dipengaruhi oleh factor internal yaitu factor dari siswa itu sendiri, yaitu kurang mampu memahami, menerima, maupun mencerna materi pelajaran.Downloads
References
Larasati, Nindi, Purwo Susongko, and Isnani Isnani. "Literasi Matematika Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal." JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) 1.1 (2017).
Lestari, Eka. Karunia. & Yudhanegara, Ridwan. Mokhammad. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika ADITAMA.
Karunia Eka, and Mokhammad Ridwan Yudhanegara. "Penelitian pendidikan matematika." Bandung: PT Refika Aditama 2.3 (2015).
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
OECD. (2016), PISA 2015 Results: Excellence and Equity in Education, PISA, OECD Publishing.(Volume I) http://dx.doi.org/10.1787/9789264266490-en.9 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework : Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial literacy. Paris : PISA, OECD Publishing
Puspitasari, Mydha Tri. "Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas X-AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Tahun Ajaran 2014/2015." (2015).
Zuldafrial & Lahir, M. "Penelitian kualitatif." Surakarta: Yuma Pustaka (2012).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.