PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI KEBUTUHAN MANUSIA KELAS IV DI SD ISLAM 1 BALEDONO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18120Keywords:
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop Up Book, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Menghasilkan produk berupa Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada materi Kebutuhan Manusia kelas IV sekolah dasar yang sesuai dengan prosedur pengembangan research and development. 2) Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada materi Kebutuhan Manusia kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian Brog and Gall yang terdiri dari 10 tahap. Subjek penelitian yaitu murid SD Islam 1 Baledono tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 28 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket respon murid. Data yang diperoleh yaitu validasi produk dan angket respon murid. Analisis data dengan menghitung validitas menggunakan persamaan yang telah ditentukan, kemudian hasil tersebut diubah ke dalam persentase serta dikonversikan ke dalam skala 5 untuk validasi begitu juga dengan respon murid. Hasil penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Kebutuhan Manusia ini adalah; 1) penelitian ini menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Kebutuhan Manusia Kelas IV SD Islam 1 Baledono; 2) Hasil kelayakan produk memperoleh persentase 80% dengan kategori sangat layak; 3) Hasil kepraktisan memperoleh persentase 81% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan kajian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Kebutuhan Manusia Kelas IV SD Islam 1 Baledono layak digunakan untuk alat bantu media pembelajaran di sekolah dasar.Downloads
References
Afiyah, N. 2022. Pengembangan media Pop Up Book dengan menggunakan materi bencana alam banjir untuk meningkatkan hasil belajar Kelas 1 SDN Tambakan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 22-24
Diah Masturah, E., Putu Putrini Mahadewi, L., & Hamonangan Simamora, A. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 6, No. 2), 212-221.
Eko Putro Widoyoko, 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fajriah, A. A., Sadiah, H., & Setiabudi, D. I. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Pop-up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar. SOSHUMDIK, 1(2). 51-58.
Febriani, Andriana, E., & Yuliana, R. 2022. Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Permainan Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 57–66.
Hidayati, D. N., Khaq, M., Anjarini3, T,. 2023 Pengembangan Algasistema Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri Jolodoro. FKIP, Purworejo, U. M, 9(1), 477-487.
Mku Bk, H. H. 2023. Implementasi Model Pakemi Integrasi Blanded Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains IPAS Siswa Di Sekolah Dasar. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian , 5, 44–52.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. 2019. Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.
Saadah, N., A., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. 2022. Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. 6, 5-12.
Sabino, L. L., & Pulhin, J. M. 2021. Satisfying the basic needs: The material aspect of human security. Climate Change, Disaster Risks, and Human Security: Asian Experience and Perspectives, 8(1), 85-112.
Sundari, N. 2016. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar, EduHumas Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-6.
Supriyono, S. 2022. Antology Of Dosen Merdeka View project Integrated participative team based instructional supervision management at middle schools in Blitar, East Java,Indonesia: A multisite study View project. 1-16
Widya, A P., Made, O. I., Saputra, B., Made, I., Mariana, A., Nyoman, N., 2022. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Selama Pembelajaran Daring Siswa Kelas III Di SD Saraswati 1 Denpasar. Universitas Negeri Denpasar 7(1), 1-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.