PENGEMBANGAN ALGASISTEMA TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI JOLODORO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12189Keywords:
Props, Human Digestive System, Pancasila Student ProfileAbstract
Kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPAS bersifat satu arah sehingga pembelajaran di kelas menjadi membosankan dan kurangnya tanggapan dari murid kelas V SD Negeri Jolodoro. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk berupa ALGASISTEMA terintegrasi profil pelajar Pancasila pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sekolah dasar sesuai dengan prosedur research and development; 2) Mengetahui kelayakan ALGASISTEMA terintegrasi profil pelajar Pancasila pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Hasil penelitian pengembangan ALGASISTEMA Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Sistem Pencernaan Manusia ini adalah; 1) penelitian ini menghasilkan produk berupa ALGASISTEMA Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri Jolodoro; 2) Hasil kelayakan produk memperoleh persentase 91% dengan kategori sangat layak; 3) Hasil kepraktisan memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa ALGASISTEMA Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri Jolodoro layak untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah dasar.Downloads
References
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187.
Amir Hamzah, 2020. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Jawa Timur: Literasi Nusantara.
Eko Putro Widoyoko, 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fembriani, F. (2022). Analisis implementasi pembelajaran IPA dan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 100-106.
Inayati, U. (2022, August). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304).
Laksana, F.F., & Suyoto, S. (2019). Pengukuran Kualitas Ux Website Menggunakan Sus. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), 2019, 4.2: 138-144.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1).
Mohamad Ali. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: CV Angkasa.
Muliana, I. W., Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2022). Pkm. SMP Dwijendra Bualu Dalam Pengembangan Profesionalisme Inovatif Guru Melalui Pelatihan Membuat Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(1), 206-216.
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28-33.
Rahimah, D. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Mahluk Hidup Dengan Menggunakan Media Lingkungan Sekitar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN 1 Sukadana. Journal Innovation In Education, 1(3), 262-276.
Riduwan, M.B.A. 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D). Bandung: ALFABETA.
Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37-44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.