PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN WIZER.ME PADA MATERI NEGARAKU INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18102Keywords:
E-LKPD, Wizer.Me.Abstract
Penelitian ini berjudul Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Wizer.Me Pada Materi Negaraku Indonesia Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan E-LKPD interaktif berbantuan Wizer.Me untuk dikembangkan kepada peserta didik kelas IV SDN Ciriung 01 Kabupaten Bogor serta untuk mengetahui kelayakan E-LKPD interaktif berbantuan Wizer.Me. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi beberapa ahli yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil validasi akhir oleh ahli media mendapatkan persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi akhir oleh ahli bahasa mendapatkan persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 85% dengan kriteria sangat layak. Untuk nilai rata-rata N-Gain hasil belajar mendapatkan 0,7 dengan kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif berbantuan Wizer.Me sangat layak untuk dikembangkan serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Agung, G. H., & Ardiansyah, A. S. (2023, March). Telaah model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 360- 366).
Alfatih, A.N. (2021). Wizer.Me: sebuah platform lembar kerja siswa daring dengan penilaian otomatis. https://www.edoemedia.com/2021/04/wizermesebuah-platformlembarkerja.html
Anggoro, FD (2023). Pengembangan Website E-LKPD Berbantuan Wizer. Me Materi Teks Cerita Fantasi Kelas VII. Suasana: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1 (3), 80-91.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021, July). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).
Baihaki, B., Danaryanti, A., & Kamaliyah, K. (2021). Pengembangan LKPD elektronik berbantuan HOTS menggunakan quizizz. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), 36-43.
Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer. Saya pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8 (1), 31-38.
Dewi, N. A., Purnamasari, R., & Karmila, N. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbantuan Webiste Wizer. Me Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2562-2575
Gunning, T. G., & Stanbrough, R. J. (2022). Closing the Literacy Gap: Accelerating the Progress of Underperforming Students. New York: Guilford Publications
Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).
Indraswati, D., Sobri, M., Fauzi, A.,Wira, L., Amrullah, Z., & Nikmah, A. (2023). Keefektifan Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif dengan Wizer Me untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di SDN 26 Mataram. 05(04), 14615–14624. 75
Kaliappen, N., Ismail, W. N. A., Ghani, A. B. A., & Sulisworo, D. (2021). Wizer.Me and Socrative as innovative teaching method tools: Integrating TPACK and Social Learning Theory. International Journal of Evaluation and Research in Education
Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer.Me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 9(07), 2827–2837. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/41382
Kurniasari, N. A., Anita, Y., Muhammadi, M., & Sukma, E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 14 Pauh Kota Padang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3515-3527.
Nabilla, N., Edy, S., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan e-LKPD matematika interaktif berbantuan literasi digital. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1581-1594.
Nida, L. S., Sunaengsih, C., & Karlina, D. A. (2023). Pengembangan ELKPD Berbantuan Fun Learning pada Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 194-207.
Oktavera, C., & Tambunan, L. R. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbantuan Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP. 2682(2), 251–258.
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Peachey, N. (n.d.). Digital Tools for Teachers - Trainers’ Edition V.2. United Stated: Peachey Publications Ltd.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbantuan Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99-108.
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi pendahuluan: E-LKPD berbantuan PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131-140. 76
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.
Putri, V. A. R., & Indrawati, D. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bilangan Berpangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga Berbantuan Wizer.Me Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(10), 3542–3550.
Rahayu, D., & Budiyono, B. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan pemecahan masalah materi bangun datar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).3542– 3550.
Setiawan, T. Y., & Fikri, A. (2022). The development of e-lkpd using book creator on fraction operations material in elementary school. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 10(1), 116-126.
Simanjuntak, M. A. M. A. R. , S. N. , & P. M. (2022). The Use of Wizer.Me as a Mediato Stimulate Students’ Motivation in Writing Descriptive Text in SMA Swasta HKBP Doloksanggul. Jurnal Kewarganegaraan. 6(3),5197–5208
Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pemanfaatan Website Wizer Me untuk Mengembangkan ELKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22-29.
Sopandi, W., Sukyadi, D., & Sukardi, R. R. (2019). The Implementation of Guided Research-Based Learning with Graduate School Students of an Elementary Education Study Program. Pedagogika/Pedagogy, 134(2), 82-98.
Sulastri, I., Mahardika, N., Sugiarti, P., & Sudrajat, Y. (2023). Analisis hasil belajar dalam penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) Interaktif dengan Aplikasi Wizer.Me Materi Interaksi Sosial. 2(2), 57–62.
Sulistya, C., Reffiane, F., Wijayanti, A., & Suhono, K. (2023). Analisis Keterampikan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Negaraku Indonesia Kelas IV A SDN Sarirejo. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4057- 4069.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1256-1268. 77
Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & Nurcahyo, R. (2023). Pengembangan Video Animasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327-333.
Susiyanto, D. (2021). Merancang Lembar Kerja Siswa Interaktif Menggunakan Wizer.Me.
Ahlimedia press. Syafitri, R. A. (2020, November). The importance of the student worksheets of electronic (E-LKPD) contextual teaching and learning (CTL) in learning to write description text during pandemic COVID-19. In The 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020) (pp. 284-287). Atlantis Press.
Syafruddin, I. S., Pamungkas, A. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan e-LKPD untuk mendukung kemampuan literasi matematis pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal endidikan Matematika, 6(3), 3214-3227.
Tsabitah, RT, & Raharjo, M. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Website Wizer. Me Pada Tema 2 Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di Kelas V SDN 64 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (1), 22-31.
Umaroh, U., Novaliyosi, N., & Setiani, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbantuan Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 61-70.
Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. (2021). Development of E-Worksheet on Linear Equations and Inequalities Topics Based on Tri-N. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 245-260.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbantuan literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.
Zein, FA., & Musyarofah, M. (2024). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Interaktif Menggunakan Wizer.Me Pada PembelajaraN IPS. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 57-68. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3573
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.