PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA MANFAAT ENERGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33018Keywords:
E-module, Canva, Theme Always save Energy Subtheme Energy BenefitsAbstract
E-module is an electronic module that was developed by utilizing the availability of 21st century technology as an effort to improve learning outcomes in accordance with predetermined learning objectives. This research aims to determine the feasibility of using e-modules using the Canva application in the learning process of students on the theme of always saving energy, sub-theme energy benefits. This research uses a Research and Development (R&D) approach, with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The results of research on e-module development using the Canva application on the theme of always saving energy, sub-theme energy benefits were declared "Very Feasible". The validation test results from the experts were obtained as follows, Indonesian language material experts 80%, science material experts 88%, media experts 90%, and language experts 84%, so that the validation test results obtained an average percentage of 86%. Apart from that, the results obtained from limited trials carried out on students were with an average percentage of 88.3% because it was able to overcome boring learning by providing more active and fun learning for students.Downloads
References
menggunakan kurikulum 13 yang
disebabkan oleh kesiapan sekolah
yang belum memadai.
2. Tahap Perencanaan
a) Membuat Desain E-Modul
Memilih program atau aplikasi
yang akan digunakan adalah tugas
yang dilakukan pada saat ini. Canva,
program yang digunakan untuk
membuat produk ini, adalah salah
satu program yang memiliki template
dan fitur-fitur menarik yang dapat
menunjang pembuatan e-modul.
Selanjutnya e-modul dapat di publish
dengan cara menyalin link HTML
(Hypertext Markup Language) setelah
itu link tersebut dapat di share
kepada peserta didik.
b) Menyusun Isi E-Modul
Sampul, kata pengantar, daftar
isi, petunjuk penggunaan, tujuan
pembelajaran, indikator pencapaian,
peta konsep, sumber-sumber,
pertanyaan-pertanyaan, glosarium,
daftar pustaka, dan profil penulis
merupakan bagian dari isi modul
elektronik.
3. Tahap Pengembangan
a) Deskripsi Validasi Ahli
Proses pengumpulan data
menggunakan protokol atau teknik
yang mengikuti protokol yang telah
ditetapkan dikenal sebagai validasi.
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 03, September 2025
Para ahli yang memiliki kualifikasi
sesuai dengan domain dan bidang
keahliannya melakukan prosedur uji
validasi untuk memberikan masukan
terhadap butir-butir soal yang
dihasilkan. Tujuan dari kegiatan ini
adalah untuk memastikan apakah
produk e-modul sudah layak
digunakan. Angket evaluasi
digunakan untuk mengumpulkan data
validasi, dan validator memberikan
umpan balik terhadap produk yang
dihasilkan berupa kritik dan saran.
Hasil uji validasi media aplikasi
Canva untuk produk pembuatan
materi pembelajaran.
Setelah perancangan dan
pembuatan produk e-modul dapat
diperoleh hasil data validasi antara
lain mengacu berdasarkan tabel
kelayakan berikut :
Tabel 1.Penskoran Validitas terkait
aspek kelayakan
Validator Penilaian
Kriteria
Produk
Interprestasi
Ahli Media 90% Sangat Layak
Ahli Bahasa 84% Sangat Layak
Ahli Materi I 88% Sangat Layak
Ahli mater II 80% Layak
Rata-Rata 87.3%
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.