PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA MANFAAT ENERGI

Authors

  • Elgiana Sukma Hermara Universitas Pakuan
  • Mira Mirawati Universitas Pakuan
  • Tatang Muhajang Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33018

Keywords:

E-module, Canva, Theme Always save Energy Subtheme Energy Benefits

Abstract

E-module is an electronic module that was developed by utilizing the availability of 21st century technology as an effort to improve learning outcomes in accordance with predetermined learning objectives. This research aims to determine the feasibility of using e-modules using the Canva application in the learning process of students on the theme of always saving energy, sub-theme energy benefits. This research uses a Research and Development (R&D) approach, with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The results of research on e-module development using the Canva application on the theme of always saving energy, sub-theme energy benefits were declared "Very Feasible". The validation test results from the experts were obtained as follows, Indonesian language material experts 80%, science material experts 88%, media experts 90%, and language experts 84%, so that the validation test results obtained an average percentage of 86%. Apart from that, the results obtained from limited trials carried out on students were with an average percentage of 88.3% because it was able to overcome boring learning by providing more active and fun learning for students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

menggunakan kurikulum 13 yang

disebabkan oleh kesiapan sekolah

yang belum memadai.

2. Tahap Perencanaan

a) Membuat Desain E-Modul

Memilih program atau aplikasi

yang akan digunakan adalah tugas

yang dilakukan pada saat ini. Canva,

program yang digunakan untuk

membuat produk ini, adalah salah

satu program yang memiliki template

dan fitur-fitur menarik yang dapat

menunjang pembuatan e-modul.

Selanjutnya e-modul dapat di publish

dengan cara menyalin link HTML

(Hypertext Markup Language) setelah

itu link tersebut dapat di share

kepada peserta didik.

b) Menyusun Isi E-Modul

Sampul, kata pengantar, daftar

isi, petunjuk penggunaan, tujuan

pembelajaran, indikator pencapaian,

peta konsep, sumber-sumber,

pertanyaan-pertanyaan, glosarium,

daftar pustaka, dan profil penulis

merupakan bagian dari isi modul

elektronik.

3. Tahap Pengembangan

a) Deskripsi Validasi Ahli

Proses pengumpulan data

menggunakan protokol atau teknik

yang mengikuti protokol yang telah

ditetapkan dikenal sebagai validasi.

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 03, September 2025

Para ahli yang memiliki kualifikasi

sesuai dengan domain dan bidang

keahliannya melakukan prosedur uji

validasi untuk memberikan masukan

terhadap butir-butir soal yang

dihasilkan. Tujuan dari kegiatan ini

adalah untuk memastikan apakah

produk e-modul sudah layak

digunakan. Angket evaluasi

digunakan untuk mengumpulkan data

validasi, dan validator memberikan

umpan balik terhadap produk yang

dihasilkan berupa kritik dan saran.

Hasil uji validasi media aplikasi

Canva untuk produk pembuatan

materi pembelajaran.

Setelah perancangan dan

pembuatan produk e-modul dapat

diperoleh hasil data validasi antara

lain mengacu berdasarkan tabel

kelayakan berikut :

Tabel 1.Penskoran Validitas terkait

aspek kelayakan

Validator Penilaian

Kriteria

Produk

Interprestasi

Ahli Media 90% Sangat Layak

Ahli Bahasa 84% Sangat Layak

Ahli Materi I 88% Sangat Layak

Ahli mater II 80% Layak

Rata-Rata 87.3%

Downloads

Published

2025-09-01