PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 02 DEMANGAN KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Authors

  • Nida Dwi Kharisma Universitas PGRI Madiun
  • Ag. Ika Widya Gunita Universitas PGRI Madiun
  • Pujiati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18088

Keywords:

Kata Kunci: Problem Based Learning, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran dikelas dengan adanya model pembelajaran siswa akan lebih mudah dalam memahami sebuah materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Demangan kota Madiun tahun pelajaran 2024-2025. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah 24 siswa kelas IV. Data minat belajar dikumpulkan melalui lembar angket dan data hasil belajar melalui tes tulis dengan keduanya dianalisis secara kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata persentase minat belajar siswa pada siklus I 65% dan pada Siklus II 73%. Kemudian indikator hasil belajar rata-rata presentase hasil belajar siswa pada siklus I 75% dan pada siklus II 88%. Rerata minat dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Demangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cyndiani1, Siti, Siti Nur Asmah, and Muhammad Aqmal Nurcahyo. 2022. “Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dalam Meningkatkan Minat Dan.” Journal of Professional Elemetary Education 1 (1): 56–64.

Dewi, Ni Kt Nik Aris, Ni Ny Garminah, and Kt Pudjawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 8 Banyuning.” Mimbar PGSD Undiksha 1 (1): 1–10.

Hutapea, Jonathan, and Mariati P Simanjuntak. 2017. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA.” INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) 5 (1): 183–93. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6597.

Iswantari, Indah. 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Paedagogy 8 (4): 490. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126.

Kaif, Sitti Hermayanti, and Fajrianti Fajrianti. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Menguji Lemak Pada Makanan Melalui Metode Eksperimen Kelas V SDN 57 Buton.” Jurnal Elementary 6 (1): 1. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11851.

Lapase, Manawia H. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Pinedapa.” Jurnal Paedagogy 8 (2): 134. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3492.

Lugiati, Lugiati. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Menggunakan Audio Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Education Action Research 4 (4): 481. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28645.

Martina Lona, Jusita. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 4 (2): 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090.

Nisah, Nurul, Aan Widiyono, Milkhaturrohman Milkhaturrohman, and Nia Nur Lailiyah. 2021. “Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 8 (2): 114–26. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882.

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. 2020. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (1): 327–33. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Purbosari, Para Mitta. 2016. “Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6 (3): 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238.

Setyawan, Ramadhan Indra, Agus Purwanto, and Nurratri Kurnia Sari. 2019. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Dikdas Bantara 2 (2): 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372.

Suhartono, and Anik Indramawan. 2021. Group Investigation Konsep Dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.

Widiastutik, Dewi, Khusnul Fajriyah, Veryliana Purnamasari, and Susilo Raharjo. 2023. “Penerapan Model PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas v Sdn Tlogosari Kulon 01.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (1): 4090–96.

Widiyatmoko, A., and S. D. Pamelasari. 2012. “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan ALAT Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1): 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013.

Wulandari, Fitria Eka. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 5 (2): 247–54. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257.

Downloads

Published

2024-09-30