PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN (RADEC) PADA MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW DI KELAS V SD
Keywords:
Kata kunci: berpikir kritis,model RADEC, Pre-Eksperimen.Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa perlu dilatih dalam upaya mencapai keberhasilan pendidikan dan dalam kehidupan bermasyarakatnya. Namun, dari hasil pra penelitian kemampuan berpikir siswa belum sepenuhnya memenuhi indikator yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Model pembelajaran RADEC di kelas V SD Negeri Kaduagung. Metode dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental, dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri Kaduagung. Sample penelitian yaitu siswa kelas V sebanyak 28 siswa dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik parametrik. Hasil Penelitian menunjukan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum penerapan model RADEC (Pretest), Sebanyak 25% siswa berada pada kategori “Cukup Kritis”, 61% pada kategori “Rendah”, dan 14% pada kategori “Sangat Rendah”. Setelah penerapan model RADEC (Posttest), terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil menunjukan bahwa 7% siswa berada pada kategori “Sangat Kritis”, 72% pada kategori “Kritis”, dan 21% pada kategori “Cukup Kritis”. Dengan demikian dapat di interpretasikan bahwa terdapat peningkatan berpikir kritis siswa melalui Model Pembelajaran RADEC.Downloads
References
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita.
Anggraeni, Y., Nurhasanah, E., & Mubarika, M. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(Vol 10 No. 2), 36–50.
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407.
Bahri, M. F., & Supahar, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran PAI di SMA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 233–251.
Daryanes, F., Siregar, H. M., Aldresti, F., & Darmawati, D. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Melalui Pelatihan Pembuatan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4794.
Fahira, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Radec Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 226 Patande Kabupaten Luwu Timur. (skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Fahrurrozi, Edwita, Bintoro, T., Kusmawati, A. P., dkk. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar (1 ed.). UNJ Press.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77.
Hartati, T., Damaianti, V. S., Aryanto, S., & Widia, N. J. (2022). Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Nomor 2, hal. 236–254).
Hidayatussakinah, H., Marzuki, I., & Ulfa, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Biolearning Journal, 8(1), 20–23.
Ismail, M. S., Pioke, I., & Ilham, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) Terhadap Kemampuan Menghitung Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV MI AL - MOURKY. Student Journal of Elementary Education, 1(2), 93–105.
Karlina, D., Sopandi, W., & Sujana, A. (2020). Critical Thinking Skills of Fourth Grade in Light Properties Materials through the Radec Model. The 2nd International Conference on Elementary Education, 2, 1743–1753.
Maesaroh, S. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Interversi Pendidikan (JRIP), 3(2), 99–105.
Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.
Omayra, Y. (2021). Dimensions And Strategies To Improve The Quality Of Education And Its Impact On The Development Of Community Human Resources. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 4(2), 77–94.
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203.
Predi, F. S., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC dan IQ Siswa terhadap Kemampuan Numerik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 10(2), 156–163.
Roni, A., Sulistri, E., & Fitriyadi, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Mystery Box terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas V. Jurnal Basicedu, 8(1), 110–118.
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2020). The influence of read, answer, disscuss, explain, and create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 042113.
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34.
Sopandi, W., Sujana, A., Sukardi, R. R., Sutinah, … & Suratmi. (2021). MODEL PEMBELAJARAN RADEC Teori dan Implementasi di Sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Suciono, W. (2021). BERFIKIR KRITIS (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Penerbit Adab.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2th). Bandung: Alfabeta.
Wasilah, Faisal, & I, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Islam: Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak-Anak Zaman Now. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 160–169.
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.