PENGARUH ANIMASI 3D DALAM ASSEMBLR EDU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MATERI SIKLUS AIR DI SDN 1 PAKEMITAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.17225Keywords:
Minat, Animasi 3D, Assemblr EduAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan media animasi 3D dalam Assemblr Edu terhadap minat belajar siswa kelas V di SDN 1 Pakemitan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design, menggunakan pola kelompok pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas V di SDN 1 Pakemitan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 19 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 19 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dengan skala Likert, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Independent sampel t test (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan animasi 3D terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan oleh hasil uji t dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji t, jika nilai signifikansi (2-tailed) kurang dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat pengaruh penggunaan animasi 3D dalam Assemblr Edu terhadap minat belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SDN 1 Pakemitan.Downloads
References
Andi ST. Hartina Said. (2023). ”Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu II” [Universitas Bosowa]. In Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/58602346/Makalah_Bunyi.pdf
Halawa, T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 03(1), 40–49. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/69/75
Halim, R. M. N., Lyanda, D., & Syakti, F. (2023). Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Tata Surya. 5(4), 528–533.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Mutiara, E. A., Adzra, F. N., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2023). Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License. Copyright @ 2020 IAI Al Qodiri Jember. All Rights Reserved p-ISSN 2252-4371| e-ISSN 2598-8735 Pengaruh Penggunaan Me. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20, 596–606. https://doi.org/10.53515/qodiri.
Jannah, R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Augmented Reality terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN 07 Kota Bengkulu. Global Health, 167(1), 70. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/
Kristiawan, M., Yuyun Yuniarsih, Mp., Happy Fitria, Mp., & Nola Refika SPd, Mp. (2019). Supervisi Pendidikan (Issue April). www.cvalfabeta.com
Nurhalizah, & Dahlan, Z. (2022). Analisis Pemanfaatan Alam Sekitar dalam Pembelajaran IPA di SD/MI. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 10(2), 111–121. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd
Oktaviani, Y., Lusa, H., & Noperman, F. (2020). Pengaruh Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SD Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 202–208. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.202-208
Rahmawati, R. K. N. (2024). Minat Belajar (U. Zanariyah, B. Ardiyanti, & R. Saputra (eds.); 1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). ALFABETA. cv.
Syahputra, A., & Arifitama, B. (2018). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta, 2111–2116.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.