PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA BERBASIS TEKNOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN KADUAGUNG
Keywords:
Literasi, Teknologi, LevelAbstract
Peniliti menemukan masalah mengenai tidak meratanya kemampuan literasi peserta didik kelas III, berdasarkan hasil observasi diketahui seharusnya peserta didik kelas III sudah mampu membaca teks sederhana, mampu mampu mengemukakan pemahaman dan mampu menyimpulkan teks bacaan secara mandri dengan memperhatikan penulisan kata dan tanda baca secara benar saat dikte. Namun faktanya terdapat beberapa peserta didik belum memenuhi kriteria tersebut. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana level kemampuan literasi membaca berbasis teknologi pada peserta didik kelas III SD Negeri Kaduagung dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi membaca berbasis teknologi pada peserta didik kelas III SDN Kaduagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas III SDN Kaduagung terdiri dari 33 orang. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi membaca berbasis teknologi paling banyak terdapat pada level paragraph dengan persentasenya sebesar 73%. Selanjutnya pada level cerita 12%, level kata9% dan level huruf 6%. Kemudian yang terakhir pada level pemula persentasenya 0%. Artinya kemampuan literasi membaca berbasis teknologi termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata kemampuan 73,48. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi membaca yaitu faktor lingkungan, psikologis dan intelektual peserta didik.Downloads
References
Adinda, D. W., & Oktaviyanti, I. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Mentokan. Ilmiah Profesi Pendidikan, 7, 1066–1070. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700
Alam, S. (2023). Hasil PISA 2022, Refleksi mutu pendidikan Nasional 2023. Media Indonesia.
Ameliah. (2022). Dampak Pandemi covid-19 terhadap kemampuan literasi baca tullis siswa kelas rendah di SDN Tembongraja 01 (pp. 1–67).
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., Mufidah, R. A., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis teknologi pembelajaran dalam pendidikan sekolah dasar, 4, 150–157.
Cahayani, N. N., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN 2 Kuta Tahun Pelajaran, 7, 534–538.
Dolken, S. (2023). Membaca untuk Kebahagiaan; menciptakan kebahagiaan dan kesejahteraan dengan membaca buku favorit anda. Surabaya, Jawa Timur: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Eni Desfitri, Risa Yulisna, & Fadhillah. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Membaca Bagi Siswa SD di Kampung Sungai Salak Pesisir Selatan. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.60041/integratif.v1i1.16
Hery Widodod. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. (Yuni Winarti, Ed.) (2019th ed.). perum Semungharjo blok B no. 5 Sembungharjo, Genuk, Semarang 50116: Mutiara Aksara.
Khaerawati, Z., & Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi, 9(2), 637–643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521
Naila, R. (2022). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis dan Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 SDN Donoharjo ngaglik Sleman. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Oktaviani, L., Rohana, S., Intiana, H., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Pengelompokan Level Literasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Beleka Tahun Ajaran 2021 / 2022, 7, 330–336.
Riswan, K. K. (n.d.). Riset : 45 persen siswa kelas 3 SD belum kuasai kemampuan literasi.
Safii, D. E. S. E. A. at all. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan. (M. P. Dr. Herman, S.Pd., Ed.). PT.Global Eksekutif Teknologi.
Shihab, N. (2020). Literasi Menggerakan Negeri. ( dan R. R. H. Bukik Setiawan, Rizky Satria, Suhud Rois, Ed.). Ciputat: Kampus Guru Cikal Jl.Ciater Rawa Mekarjaya Serpong, Tangerang Selatan 15310.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2019th ed.). Bandung: Alfabeta.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Tuty, J. dan I. mulyani. (2021). Memperkuat literasi membangun budaya wirausaha. Hikam Pustaka.
Widiada, I. K., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kuta, 7.
Wira Pratama. (2023a). Membaca untuk Mengubah Hidup: kiat menghadirkan perubahan positif dalam Hidup Anda melalui Buku. Ssurabaya - Jawa Timur: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Wira Pratama. (2023b). Membangun Kebiasaan Membaca: Tips dan Strategi Efektif untuk membaca lebih banyak dan lebih serdas. Surabaya-Jawa Timur: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Wulandari, T. (2023). Rangking 1 PISA 2022, begini strategi Singapura Reformasi pedidikan. DetikEdu.
Yani, I. E., Karma, N. I., Oktaviayanti, I., & Witono, H. A. (2019). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 1. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264
Yulianci, S., Ningsyih, S., Husni, S., & Haryati, M. S. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Di SDN Doro O ’ o Kecamatan Langgudu, 34, 18–21.
Yulianti, N. (2023). Penerapan literasi membaca dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas iii sd muhammadiyah 12 setiabudi pamulang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.