PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Tarisa STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nanan Abdul Manan STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match berbantuan Powerpoint Interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep pada pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desaign Quasi Eksperimen dengan tipe Nonequivalent Control Group Desaign. Pada penelitian ini sampel ini sebanyak 56 orang dengan menggunakan tehnik sampling jenuh yang terdiri dari kelas V-A sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebanyak 28 peserta didik kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tehnik tes yaitu instrumen kemampuan pemahaman konsep dan tehnik non-tes pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalita dan uji homogentitas. Hasil uji normaltias kelas ekperimen dan kelas kontrol didapatkan berdistribusi normal dan hasil uji homogenitas mendapatkan hasil yang homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh melalui uji t independen sample mendapatkan nilai Sig.(2-tailed) 0.003 < 0.05. Maka dapat disimpullan H1 diterima H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep pada pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, S., Zelda, P., & Jannah, N. L. (2024). Jurnal Muassis Pendidikan Dasar Volume 3 , Nomor 1 , Januari 2024 | Issn Online : 2827-8437 Website : Https://Muassis.Journal.Unusida.Ac.Id/Index.Php/Jmpd Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pemahaman Konsep Kekayaan Alam Peserta Didik Kelas Iv. 3, 10–17.

Hilimi, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Di Kelas Vi Sdn 6 Tolinggula. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(8), 81–89.

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang Dan Rendah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. Https://Doi.Org/10.

Downloads

Published

2024-09-16