PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI CERDAS (MONDAS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19039Keywords:
Monopoly Media, Creative Thinking, Social StudiesAbstract
The development of intelligent monopoly learning media (MONDAS) aims to determine the level of media validity and the results of development media trials in improving creative thinking in social studies learning. Researchers use an R&D research design with the ADDIE model. The product trial subjects were 27 class IV students at SDN 3 Pakemitan. Data collection instruments use questionnaires, interviews, observations and tests. The results of research on intelligent monopoly learning media (MONDAS) show valid criteria with a score of 92.5% from media experts, and 92.5% from material experts. Media monopoly can also improve the creative thinking of students in the very good category with an average score of 85%. Teachers and students gave positive responses to the media developed with evidence of a score of 72.5% for teacher responses and 91.62% for student responses. Thus, it can be concluded that intelligent monopoly learning media (MONDAS) is suitable for use as a learning medium to improve creative thinking in social studies lessons for class IV students at SDN 3 Pakemitan. Pengembangan media pembelajaran monopoli cerdas (MONDAS) bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat validitas media dan hasil uji coba pengembangan media dalam meningkatkan berpikir kreatif pada pembelajaran IPS. Peneliti menggunakan desain penelitian R&D dengan model ADDIE. Subjek uji coba produk yaitu peserta didik kelas IV SDN 3 Pakemitan sebanyak 27 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian media pembelajaran monopoli cerdas (MONDAS) menunjukan kriteria valid dengan perolehan skor 92,5% dari ahli media, dan 92,5% dari ahli materi. Media monopoli juga dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 85%. Guru dan Siswa memberikan respon fositif terhadap media yang dikembangakan dengan bukti dari perolehan skor sebesar 72,5 % untuk respon Guru, dan 91,62% untuk respon siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli cerdas (MONDAS) layak digunakan menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kreatif pada pelajaran IPS siswa kelas IV SDN 3 Pakemitan.Downloads
References
amalia, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen.
Apriliyah purnama. (2022). Pengembangan Media Big-Book Pada Pembelajaran Tema Diriku Untuk Menumbuhkan Minat Baca Dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 1 MI Al-Ma’arif Sukomulyo Manyar Gresik. 8.5.2017, 2003–2005.
Aslam, A., Ninawati, M., & Noviani, A. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Tinggi. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.10156
Borg, & Gall. (2003). Educational Research.
Ghufron, & Risnawati. (2011). Peran Guru dalam Mendorong Peserta Didik untuk Mengungkapkan Ide dan Gagasan yang Cerdas.
Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPS SD. All Rights Reserved, 8(4), 860.
Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran matematika saat pandemi covid-19. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Sari, I. P. (2011). Pengembangan Media Monopoli Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Pudakpayung 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.
siswono. (2008). Peran Berpikir Kreatif dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.