HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DALAM AKSES INFORMASI DI SMPN 2 MADAPANGGA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.17803Keywords:
Kebiasaan Membaca, Akses InformasiAbstract
Pentingnya informasi yang cepat dan akurat bagi kemajuan lembaga pendidikan dan perusahaan di era globalisasi yang kompetitif. Diperlukan sistem pengelolaan informasi yang efisien dengan dukungan teknologi, seperti internet. Membaca dianggap krusial dalam komunikasi tulis, menekankan pentingnya pemahaman dan penggunaan informasi tertulis melalui akses informasi. Tantangannya adalah bagaimana mengelola informasi dengan efektif untuk mendukung kemajuan dalam lingkungan bisnis global yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri apakah individu yang memiliki kebiasaan membaca yang baik umumnya mempunyai akses yang lebih baik terhadap sumber informasi dibandingkan dengan mereka yang kurang membaca. Metodologi yang digunakan dalam kajian ini yaitu metodologi kualitatif bersifat deskriptif. Teknik membaca efektif, seperti membaca aktif dan membuat ringkasan, meningkatkan pemahaman dan retensi informasi. Hal ini, sebagaimana dinyatakan oleh Muhammad Furkan, bahwa tantangan dalam membedakan informasi yang relevan dan penting dari yang kurang relevan atau tidak akurat, saat menggunakan teknik membaca termasuk overload informasi, kredibilitas sumber, bias informasi, keterbatasan waktu, dan ketidakjelasan informasi.Downloads
References
Effendi, E., Hajar, R., Mukaramah, N., Padang, A., & Alfriansyah, S. (2020). Pengertian Artikel dan Editorial. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 369–370.
Fadilla, N., & Pramudiani, P. (2023). Hubungan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 304-313.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Jalaludin, J. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Literasiologi, 7(1), 556585.
Mendrofa, F., Butarbutar, I. I. I. N., Enjelika, Y., & Alfiandi, S. (n.d.). Manajemen. 1–10.
Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas v sdn kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54.
Muhammad Furkan, Wawancara Via WhatsApp, 17 Mei 2024, Pukul. 10:30 – 10:37 WITA.
Nasution, W. R. H., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2022). 9 Pendapat Ahli Mengenai Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5893-96.
Nurul Fadilla, & Puri Pramudiani. (2023). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 304–313. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5430
Prijana, P., & Yanto, A. (2018). Analisis hubungan prestasi akademik mahasiswa dengan akses sumber informasi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(1), 87-94.
Prisgunanto, I. (2018). Pemaknaan Arti Informasi Di Era Digital. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 143. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.619
Rif’ah, M., Ramadhan, M. R. N., Wahyudin, M. R., Fahmi, M. F., Binfas, M. A. M., & Audia, C. (2023). Administrasi Hubungan Kerjasama Sekolah Dan Masyarakat. Journal On Education, 6(1), 7639-7647.
Romansyah, K. (2017). Strategi Membaca Pemahaman yang Efektif dan Efisien. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 69-76.
Rozaq, A. (2015). Respond Time. Sistem Informasi Produk Dan Data Calon Jamaah Haji Dan Umroh Pada Pt. Travellindo Lusiyana Banjarmasin Berbasis Web, (1), 1 ‐ 13.
Sinaga, Y. L., & Dkk. (2023). ADMINISTRASI HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT Yesika. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 196–203.
Yanti, R., & Riady, A. (2019). Korelasi Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Literasi Sains. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 1-5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.