BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM MEMBUAT WEBSITE DI SMKN 1 TAKALAR

Authors

  • Mudeing Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurhidayani Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Maman A Majid Binfas Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17521

Keywords:

Belajar, Pembelajaran, Membuat Website

Abstract

Belajar adalah suatu proses penting dalam pengembangan individu, guna merubah perilaku berdasarkan perolehan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman baru. Pembelajaran dalam konteks ini, merupakan interaksi individu dengan lingkungan yang dirancang untuk mendukung perubahan, termasuk pembelajaran keterampilan untuk membuat website, Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kreativitas membuat website sebagai motivasi di dalam belajar dan pembelajaran secara individu. Metodelogi digunakan dalam kajian ini, adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Kreativitas untuk membuat website, tentu tidak lain untuk meningkatkan motivasi belajar, di dalam, mendukung pembelajaran secara individu untuk pengembangan siswa di sekolah SMKN 1 Takalar. Jadi, Penggunaan teknologi informasi guna mengaplikasikan pengetahuan atau keterampilan mesti dipelajari dalam situasi nyata secara kreatif. Oleh karena itu, sekolah SMKN 1 Takalar telah menjadikan salah satu alternatif pelajaran membuat website untuk meningkatkan semangat belajar siswa di dalam menggali ide-ide atau informasi baru secara mandiri. Hal itu, sebagaimana dinyatakan oleh guru dan dilakukan siswa SMKN 1 Takalar, bahwa “terbukti siswa makin rajin belajar, dikarenakan mereka telah tertarik dengan pelajaran membuat website, sehingga bisa berpikir kritis dalam mendesain sesuatu yang menjadi kreatifitas bahan pelajaran.” Namun, apa dinyatakan oleh peneliti sebelumnya, di antaranya Dimayati dan Mudjiono (2002) dan Rahman, A. (2023) memang ada titik temu dengan hasil penelitian ini. Walaupun, terdapat kendala dihadapinya masing-masing siswa di sekolah yang mesti ditangani oleh pihak pengelola pendidikan, baik pemerintah pusat maupun daerah, terutama dalam hal sarana dan prasarana sekolah yang memadai. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Binfas, M. A. M., & Setiadi, H. (2017). Erosi Perubahan Eriontasi Pendidikan Muhammadiyah dan Nahdhatul Ulama (NU). Asosiasi PTMA Program Studi Sekolah Pascasarjana Seluruh Indonesia.

Binfas, M. A. M., (2023), Meditasi Inner Soul Logic Pendidikan Antar-Bangsa, Artikel Seminar Internasional, Pedoman Karya, https://www.pedomankarya.co.id/2023/11/meditasi-inner-soul logicpendidikan.html?m=1.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook I: Cognitive domain. New York: Longmans, Green and Co.

Dimyati, M., & Mudjiono, A. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R.M. (1977). The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Gagne, R.M. (1985). The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston. Harrow, A. (1972). A taxonomy of the psychomotor domain. New York: David McKay Co.

Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook II: Affective domain. New York: David McKay Co.

Muhaimin, A. (2021). Peran Pendidikan dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2 (1).

Muhammad Ilham, Hasil Wawancara. (06 Januari 2024), Sabtu. Pkl. 15.10-15.14 di Galesong

Utara, Takalar. Beliau adalah Alumni Teknologi Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Takalar.

Rachman, A. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Kreativitas Membuat Website. kompas.com.

Rif’ah, M., Ramadhan, M. R. N., Wahyudin, M. R., Fahmi, M. F., Binfas, M. A. M., & Audia, C. (2023). Administrasi Hubungan Kerjasama Sekolah dan Masyarakat. Journal on Education, 6(1), 7639-7647.

Sardiman. (2018). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Sukmawati, Hasil Wawancara. (17 Januari 2024), Rabu. Pkl. 16.40-16.43 di Galesong Utara,

Takalar. Beliau adalah Siswa Teknologi Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Takalar.

Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaodiah, Nana. (2003). Pendidikan: Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yudistira Prabowo Wicaksana, S.T, Hasil Wawancara. (06 Januari 2024), Sabtu. Pkl. 15.00-15.04 di Galesong Utara, Takalar. Beliau adalah Guru Produktif Semua Mata Pelajaran Teknologi Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Takalar.

Downloads

Published

2024-08-19