ANALISIS PERAN ORANGTUA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEMESTER GANJIL SD NEGERI KEMBANGARUM 02 MRANGGEN DEMAK

Authors

  • Iva Nur Shinta Dewi universitas pgri semarang
  • Mudzanatun PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17660

Keywords:

Peran Orangtua, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Kembangarum 02 Mranggen Demak. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran orangtua untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangarum 02 Mranggen Demak, 2). Apa saja kesulitan yang dialami orangtua untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangarum 02 Mranggen Demak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peran orangtua untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangarum 02 Mranggen Demak, 2). Untuk mengetahui dan menganalisis kesulitan yang dialami orangtua untuk mendukung belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangarum 02 Mranggen Demak. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua sangat penting untuk mendorong anak dalam proses pembelajaran. Melalui dorongan tersebut anak akan semakin semangat dan termotivasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. (2003). Kamus Bahas Inggris Indonesia Arab . Yogyakarta: Multi Karya Grafika.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arwen, d. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. frontiers in neuroscience, 1-13.

Arwen, D. (2021, Desember). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal Of Education and Instruction, 4. doi:10.31539/3084

Atikah, N. (2021). Analisis Hasil Belajar Ditinjau Dari Peran Orang Tua. jurnal pendidikan tambusai, 2052-2062.

Djamarah, S. B. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gunarsa, S. D. (1990). Psikogi Untuk Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hidayat, A. (2012). Penelitian Kualitatif (Metode) : Penjelasan Lengkap. Retrieved from Statistikan: https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html

Ibrahim, N. S. (2015). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesino.

Lasut, E. M. (2023). Peran Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Sma. Jurnal Ilmu Pendidikan, 57-65.

Lestari. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.

Megawati. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. 1. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/pir/article/view/6644

Moleong. (2017). Metodologi penelitian Kualitati. Bandung: PT Bandung Rosdakarya.

Mulyana, A. (2023, Januari 20). Pendidikan Kewarganegaraan. Retrieved from Blogspot: https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Ara Indonesia Terlengkap . Surabaya: 1580.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Nata, A. (2005). Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ngaimun, N. (2021). Studi Islam, Mengajar Online, dan Mengajar tanpa Relasi. 159-163.

Poerwadarminto, W. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Prabowo, D. S. (2019). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Botolamat 03 Batang. Jurnal Ilmu Sosial dan Huaniora, 8.

Prof. Dr. Hamzah Upu, M. (2021). Hasil Belajar dan Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa. Makassar: Global RCI.

Riadi, m. (2022, november 15). Peran dan Tanggung Jawab Orang Tua. Retrieved from kajian pustaka: https://www.kajianpustaka.com/2022/11/peran-dan-tanggung-jawab-orang-tua.html

Riwahyudi. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/427

Salahudin, A. (2015). Filsafat Pendidikan. Bandung: Pusaka Setia.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Prenada Media.

Sari, D. (2017). Peraan Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 46.

Savitra, K. (n.d.). 15 Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Anak. Retrieved from Dosen Psikolog: https://dosenpsikologi.com/cara-meningkatkan-prestasi-belajar

Sudjana, n. (1989). Dasar-dasar PMB. Bandung: CV. Sinar Baru.

Sudjana, N. (2011). Media Pengajaran. In A. Rivai. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: PT Alfabeta.

Sukiman, A. B. (2016). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan anak usia sma/smk. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Downloads

Published

2024-09-20

Most read articles by the same author(s)