PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II MATERI MENGENAL SIMBOL SILA-SILA PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17626Keywords:
Model Pembelajaran Discovery Learning, Media Flashcard, Hasil Belajar materi Mengenal Simbol Sila-Sila Pancasila.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Mengenal Simbol Sila-sila Pancasila melalui penerapan model Discovery Learning berbantuan media Flashcard pada peserta didik kelas 2 SDN Kandangan II/620 Surabaya tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 28 orang sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan guru kelas 2 SD. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran “discovery learning” dengan memanfaatkan media flashcard meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Peningkatan tersebut terlihat dari kondisi awal rata-rata hasil belajar hanya 51,5 dan hanya 30,77% siswa yang mendapat nilai diatas KKM, sedangkan pada siklus 1 mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 60,15 dan 46,15% siswa yang mendapatkan KKM diatas rata-rata. Pada siklus 2 rata-rata peningkatan hasil belajar yang didapat menjadi 84,23 dan 84,62% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 SD.Downloads
References
Dhea Ayu Alifvia, Muhammad Arief Budiman, Muhammad Arief Budiman, and Choirul Huda. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 10(1):182–95. doi: 10.30605/onoma.v10i1.3164.
Hariani, Sri, and Mulyo Rini. 2014. “PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN NGAGEL REJO I/ 396 SURABAYA Mulyorini PGSD FIP Universirtas Negeri Surabaya.” Jpgsd 02(02):1–12.
Isnanto, Isnanto, Nur Hafidhotul Ilmiyah, Meini Sondang Sumbawati, Nia Widiyastuti, Slameto Slameto, Elvira Hoesein Radia, Ade Salahuddin Permadi, Muchlis Saini, Lina, Ni Nyoman Kurnia Wati, Abdul Rofiq, Luh Putu Putrini Mahadewi, Desak Putu Parmiti, Nivia okta Faizah, I. Gde Wawan Sudatha, Alexander Hamonangan Simamora, Gede Cris Smaramanik Dwiqi, I. Gde Wawan Sudatha, Adrianus I. Wayan Ilia Yuda Sukmana, Komang Sujendra Diputra, Siti Nurhasanah, A. Sobandi, Roy Fikri Tinambunan, R. Mursid, Hamonangan Tambunan, Agus Wijaya, Simbol Pancasila, Pada Mata, Pelajaran Ppkn, Astrina Della, Harwitantri Putri, Abdul Aziz Hunaifi, and Frans Aditia Wiguna. 2022. “Pengembangan Media Flashcard Digital Materi Simbol-.” Journal of Education Technology 8(1):46–50. doi: 10.26418/jppk.v11i10.58824.
Mobrur, Abul, and Mohammad Hamed. 2014. “European Journal of Educational Sciences.” 1(4):190–204.
Rahayu, Iin Puji, Stefanus Christian Relmasira, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2019. “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tematik.” Journal of Education Action Research 3(3):193. doi: 10.23887/jear.v3i3.17369.
Raudatus Syaadah, M. Hady Al Asy Ary, Nurhasanah Silitonga, Siti Fauziah Rangkuty. 2023. “Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal.” Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) 2(2):125–31. doi: 10.56832/pema.v2i2.298.
Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Komputer Indonesia. 2024. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SDN 1 Sungai Pedada.” Garda Guru: Jurnal PPG Unpas XX(112):1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.