UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MEDIA BOX SI FAYA DI SDN KANDANGAN II SURABAYA

Authors

  • Siti A'isyatul Mufidah Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Lailatul Fithriyyah SDN Kandangan II Surabaya
  • Hilmi Nanda Nursanto Universitas W.R Supratman Surabaya
  • Hima Kurniawan Arip Piyanto
  • Fitria Hidayati

Keywords:

Kata Kunci: IPAS, Media, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar peserta didik yang dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran khususnya IPAS dikelas V SDN Kandangan II Surabaya dikarenakan proses pembelajaran yang belum menggunakan media pembelajaran. Menentukan media dalam proses pembelajaran di sekolah demi meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik di masa yang akan datang sangat diperlukan media yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan media konkret. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V A SDN Kandangan II Surabaya berjumlah 31 peserta didk yang terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes evaluasi pada tiap siklus yang sudah dilaksanakan. Analisis data melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I nilai ketuntasan hasil belajar secara individu sebanyak 18 peserta didik atau 58% dan sebanyak 13 peserta didik atau 41% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 72. Pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi 84 dengan jumlah 31 peserta didik atau 87% yang tuntas dan 4 peserta didik atau 12% yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan persentase nilai 87%. Respon siswa adalah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat melalui penggunaan media pembelajaran konkret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angraeni, Chelsy, Febri Loska, Lailatul Maghfiroh, Nuriana Rachmani Dewi, and Nino Adhi. 2023. “Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Hukum Kekekalan Volume Anak Usia 11─12 Tahun.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 6:177–80.

Hastiwi, Fina, Uswatun Khasanah, and Sri Wahyuningsih. 2023. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 11(2).doi: 10.20961/jkc.v11i2.75334. Angraeni, Chelsy, Febri Loska, Lailatul Maghfiroh, Nuriana Rachmani Dewi, and Nino Adhi. 2023. “Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Hukum Kekekalan Volume Anak Usia 11─12 Tahun.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 6:177–80.

Hastiwi, Fina, Uswatun Khasanah, and Sri Wahyuningsih. 2023. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 11(2). doi: 10.20961/jkc.v11i2.75334.

Herawati, Nita Sunarya. 2021. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Dengan Metode Tgt (Teams Game Turnament) Pada Kelas Iv Mi Nw Karang Baru Tahun Pelajaran 2019/2020.” JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE) 1(1):55–63. doi: 10.51700/alifbata.v1i1.90.

Johnson, Author K. L., Okebugwu P. .. *Anokwuru, C.P. 1, Anyasor, G.N.1, Ajibaye O.2, Fakoya O.1, and Izhak Etsion. 2010. “Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon.” Proceedings of the Royal Society of London. Series A. Mathematical and Physical Sciences 11(2):531–48.

Kemendikbud. 2022. Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) SD-SMA.

Niawati, Kris, and Fine Reffiane. 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Melalui Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret.” Jurnal Pendidikan Guru Profesional 1(2):215–24. doi: 10.26877/jpgp.v1i2.235.

Nuvitalia, Duwi, and Tutik Wahyu. 2023. “Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Dengan Bantuan Media Canva Di Kelas V SD.” (November):2180–86.

Permata, Novalia Nidya, Dyah Worowirastri Ekowati, and Pipit Pudji Astutik. 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Melalui Media Paboka Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Iv Sdn Purwantoro 1 Malang.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(01):712–20.

Turap, Tipe-tipe, Turap Beton Merupakan, Turap Baja Lebih, and Tipe-tipe Dinding Turap. n.d. Penelitian Tindak Kelas (Classroom Action Research).

Widiyanto, Joko. 2018. Evaluasi Model Pembelajaran.

Downloads

Published

2024-10-04

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3