PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KALIMAT MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU QUIZZIZ SISWA KELAS IV SDN CEMARA DUA

Authors

  • Salsia Ferly Sentina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fitri Puji Rahmawati universitas muhammadiyah surakarta
  • Tasik Sulastri SDN Cemara Dua Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17443

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, Problem Based Learning, Quizziz

Abstract

Proses pemecahan masalah merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan permasalahan yang ditemukan di SDN Cemara Dua, untuk itu pemilihan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk ketercapaian keberhasilan pembelajaran. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang akan menghadapkan masalah kepada siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga, model pembelajaran ini akan menuntut siswa untuk dapat menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, terutama dalam kemampuan pemecahan masalah. Media Quizziz merupakan multimedia interaktif berbasis teknologi yang memiliki fitur-fitur menarik yang dapat membantu meningkatkan semangat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu Quizziz pada materi kalimat matematika dan perhitungan di kelas IVD SDN Cemara Dua tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan tes. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil terdapat peningkatan persentase tuntas belajar dari siklus I yaitu 76,9% menjadi 88,4% pada siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran pada setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,7% menjadi 90% pada siklus II. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 79,5% menjadi 90% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Agustin, E. M., Solfitri, T., & Anggraini, R. D. (2024). Problem Based Learning: Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mathema Journal, 6(1), 2686-5823.

Andriyanti, B. W., & Prihastari E. B. (2023). Efektivitas Model PBL Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 35-45.

Cahyo, A. N. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549-1558.

Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary School Teacher’s Obstacles in the Implementation of Problem-Based Learning Model in Mathematics Learning. Journal on Mathematics Education, 10(2), 229-238.

Permatasari, S., Nuro, F. R. M., & Susianto, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 2 Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di SDN Mojolangu 2 Kota Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2336-2347.

Ridani, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Quizizz Paper Mode pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas IV MIN 1 Pulang Pisau. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(2), 1875-1882.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Malang: PT Remaja Rosdakarya.

Sinaga, J. S., Sari, D. W., Desniarti, Burlianda, & Rahma, S. (2024). Upaya Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Journal on Education, 6(4), 19921-19926.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>