PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL HADANG TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLARI

Authors

  • Syifa Amelia Santoso Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita PJKR FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Suherman PJKR FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16120

Keywords:

Kebugaran Jasmani; Permainan Tradisional Hadang;

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui pengaruh permainan tradisional hadang terhadap tingkat kebugaran jasmani kelas VIII SMP Negeri 1 Klari. Penelitian ini berupa penelitian eksperimen untuk mencari apakah permainan tradisional hadang berpengaruh terhadap kebugaran jasmani peserta didik. Jumlah sampel adalah 40 orang siswa kelas VIII C yang diambil dengan teknik purposive sampling dimana kriteria sampel berdasarkan kelas yang disarankan oleh guru PJOK. Data penelitian ini dilakukan dengan pretest-post-test only control group design dengan menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia pada awal dan akhir pertemuan. Hasil penelitian diperoleh melalui uji normalitas data dengan hasil yang menyatakan bahwa data pretest 0,214 > 0,05 dan posttest 0,352 > 0,05 dari hasil penelitian menunjukan data berdistribusi normal serta melalui perhitungan uji homogenitas yang menunjukan nilai sig 0,221 > dari 0,05 bahwa data hasil pretest-posttest menyatakan data berdistribusi homogen dan perhitungan uji-t yang didapatkan nilai Sig. (two-tilled) 0,000 < 0,05 menunjukan adanya perbedaan signifikan antara hasil sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. didapat simpulan dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dinyatakan adanya pengaruh permainan tradisional hadang terhadap tingkat kebugaran jasmani kelas VIII SMP Negeri 1 Klari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernhardin, D. (2021, April 1). Pengaruh Olahraga Permainan Tradisional Hadang terhadap Kelincahan Siswa. Journal of Physical and Outdoor Education, 79-85.

Datau, S. (2022, Oktober). Pengambangan Permainan Tradisional Kalari Pada Pembelajaran PJOK. Jambura Arena of Physical Education and Sports, 10-16.

Febrianto, D., Resita, C., & Gustiawati, R. (2022, Desember). The Effect of Traditional Games on Cooperation in Class VIII Junior High School 4 Purwadadi. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 152-160.

Kemdikbud. (2024). Tes Kebugaran Siswa Indonesia. Retrieved Maret 5, 2024, from TKSI Kemdikbud: https://tksi.kemdikbud.go.id/tksi/home

Komara, E., Syaodih, E., & Andriani, R. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif . Bandung: Refika Aditama.

Muhajir, & Gunawan, A. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP Kelas VIII. Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Putra, K. W., Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2020, Desember). Survei Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Menyenangkan Bagi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga, 170-180.

Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. Medan: Deepublish.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatiff,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, Simanjuntak, V. G., & Hidasari, F. P. (2016). Pengaruh Pendekatan Permainan Tradisional Hadang Terhadap Hasil Belajar Lari Sprint Pada Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-10.

Sumarsono, R. N. (2022). Permainan Tradisional Nusantara. Ponorogo, Jawa Timur : Uwais Inspirasi Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-12