PENGARUH METODE PLAY TEACH PLAY TERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DRIBBLING DALAM PEMBELAJARAN FUTSAL SISWA SMPN 5 KARAWANG BARAT

Authors

  • Rama Arwiyanda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Suherman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17649

Keywords:

Bermain mengajar bermain, Keterampilan Menggiring Bola, Pembelajaran Futsal, Eksperimen, SMPN 5 Karawang Barat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Play Teach Play terhadap kemampuan teknik dribbling siswa dalam pembelajaran futsal di SMPN 5 Karawang Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 5 Karawang Barat yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan teknik dribbling sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan model Play Teach Play. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan teknik dribbling siswa setelah diterapkan model pembelajaran Play Teach Play. Dengan demikian, model Play Teach Play efektif digunakan dalam pembelajaran futsal untuk meningkatkan teknik dribbling siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustan, B., & Hidayat, A. R. (2021). Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Physical Activity Journal, 2(2), 159. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3875

Saifuddin Azwar. (2016). Efikasi diri dan prestasi belajar statistika pada mahasiswa. UGM jurnal Psikologi. In Jurnal Psikologi (Vol. 23, Issue 1, pp. 33–40).

Muslim, B. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter pada Kegiatan Intrakurikuler.Kokurikuler dan Ekstrakurikuler di MI Pembangunan UIN Jakarta. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 131–144. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i2.1799

Mustika & Nurwidaningsih, (2018) Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. address; cognitive development; corresponding author; early childhood; fip; fip uptt 2018; ikip siliwangi; jurnal obsesi prodi pg-paud; lia nurwidaningsih; pg-paud; science experiments

Asfar & Asfar, (2020) Landasan Pendidikan Hakikat dan Tujuan Pendidikan ( Implications Of Philosophical Views Of People In Education ) .

Downloads

Published

2024-10-01