PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SDN NO. 67 KOTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15872Abstract
ABSTRACT This research aims to describe the use of demonstration methods through diorama media to improve learning outcomes on water cycle material for class V students at SDN No. 67 East City. This type of research is classroom action research (PTK). The results of the research that has been carried out are that in cycle I there were 14 students who reached the KKM with a percentage of 58.33%. If the implementation of class action in cycle I was not successful, it was continued in the next cycle, namely cycle II. In cycle II, there were 21 students who reached the KKM with a percentage of 87.5%. This shows that the results of cycle I and cycle II experienced an increase of 29.17%. Thus, it can be concluded that by using the demonstration method through diorama media, the results of learning about the water cycle material for class V students at SDN No. 67 East City increased. Keywords: learning outcomes, diorama media, demonstration method ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi melalui media diorama untuk meningkatkan hasil belajar materi siklus air pada siswa kelas V SDN No. 67 Kota Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian yang telah dilaksanakan yakni pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa dengan presentase 58,33%. Dengan belum berhasilnya pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I ini maka dilanjutkan pada siklus berikutnya yakni siklus II. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa dengan presentase 87,5%. Hal ini menunjukkan dari hasil siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan sebesar 29,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media diorama hasil belajar materi siklus air pada siswa kelas V SDN No. 67 Kota Timur meningkat. Kata Kunci: hasil belajar, media diorama, metode demonstrasiDownloads
References
Budiarti, L., Handayani, T., Cahyandaru, P., & Partini, D. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Metode Demonstrasi pada Materi Siklus Air di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 3(2), 91–96.
Hendrik, M. Y., Tanggur, F. S., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal MahasiswaPendidikan Dasar, 2(2), 115–129.
Hopkins, David. 2021. Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ningtias, S. C., Tarno, & Suardin. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Eksperimen Berbantuan Media Diorama Kelas V SD Negeri 68 Buton. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa PGSD, 1(1), 88–95.
Purnamasari, L., Wakhyudin, H., & Wijayanti, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Diorama Siklus Air Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd Islam Al-Madina. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5448–5462. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8835
Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Sari, D. R., Citrawati, T., & Setyawan, A. (2020). Identifikasi minat belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak kelas IV SD. Academia Education, 1(1), 231–237.
Sute, A., Hero, H., & Helvina, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 4(3), 294–302.
Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica, 18(1), 76–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.