HUBUNGAN MINAT MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vanessa Enrica Christy Universitas Negeri Jakarta
  • Lindah Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15580

Keywords:

Minat Membaca, Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas tinggi di SDN Jatipadang 01 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner untuk mengukur minat membaca dan tes untuk mengukur keterampilan menulis karangan narasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SDN Jatipadang 01 pagi, yaitu kelas 5A, 5B, 5C, dan 6A. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling karena semua populasi sudah memenuhi syarat, yaitu siswa kelas tinggi yang memiliki minat baca dan keterampilan menulis karangan narasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi, tetapi tidak signifikan dan terbilang lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Magdalena, I., Hanifah, H., Agustin, J. T., & Fitriani, M. A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Materi Menulis Karangan Narasi Kelas V SDN Karangharja 1.

Marlina, N. A., & Ardiyaningrum, M. (2021). Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Karanggayam. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1-10.

Nisrina, R. H., Kasmad, M., & Wulan, N. S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 546-555).

Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.

Riyanti, Ade. Kompasiana: Pentingnya Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (2021, Juli 17). Diakses pada Juni 18, 2024 dari artikel: https://www.kompasiana.com/aderiyanti/60f2952306310e507d7d8ab2/pentingnya-literasi-dalam-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985-2992.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23.

Syahrum, S., & Salim, S. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.

Yusran, I. A. R. Kalla Institute: Rendahnya Minat Literasi di Indonesia. (2024, Februari 2024). Diakses pada Juni 18, 2024 dari artikel: https://kallainstitute.ac.id/rendahnya-minat-literasi-di-indonesia/

Downloads

Published

2024-07-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>