UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI SIMBOL KEBERAGAMAN AGAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA KELAS 2 SDN 02 PANDEAN KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15569Keywords:
Hasi Belajar, Simbol Keberagaman, Media DioramaAbstract
Media diorama dapat digunakan untuk menyajikan informasi secara lebih konkret dan realistis kepada siswa. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan pancasila materi simbol keberagaman agama dengan menggunakan media diorama kelas 2 sdn 02 pandean kota madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, melibatkan dua siklus observasi, wawancara, dan kegiatan belajar-mengajar langsung. Hasil penelitian perbandingan siklus 1 dan 2 menunjukkan pengaruh yang signifikan dari penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa kelas 2 di SDN 02 Pandean dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. penggunaan media diorama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi simbol keberagaman agama di kelas 2 SDN 02 Pandean, Kota Madiun, memiliki potensi besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya terus menerus untuk mengintegrasikan teknologi dan inovasi dalam proses pembelajaran akan menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan bermakna bagi siswa.Downloads
References
Syaputra, M. Y. A., & Nasution, M. (2019). Pemenuhan Hak Konstitusional Masyarakat Penganut Kepercayaan Lokal Dalam Pemilihan Umum. Jurnal Yuridis, 6(1), 46-66.
Fitriyanti, R., Sriprahastuti, B., & Cicih, L. H. M. (2021). Intervensi Permainan Monopoli Dan Diskusi Gizi Seimbang Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bogor. Journal Of Nutrition College, 10(3), 197-206.
Dewi, N. L. G. M. P., Asri, I. G. A. S., Wiyasa, I. K. N., & Kes, M. (2014). Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Pkn Sd. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
Saefulloh, A. (2023). Bab 4 Media Grafis Dalam Pembelajaran. Media Pembelajaran Berbasis Nilai Islami, 49.
Nainggolan, S. B. (2023). Pengembangan Video Animasi Pada Muatan Pelajaran Ppkn Materi Simbol-Simbol Pancasila Dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas Ii Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).
Herdianti, N. P., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1592-1603.
Basiran, B., & Ningsih, T. (2023). Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Ips. Jurnal Kependidikan, 11(2), 226-239.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-41.
Badriah, A., Ilmawati, F. I., & Laila, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Analisis Peran Ekonomi Dalam Kehidupan Sosial Siswa Kelas V Sdn Mrican 1 (Doctoral Dissertation, Universitas Nusantara Pgri Kediri).
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.