UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA KELAS II SDN 02 PANDEAN KOTA MADIUN

Authors

  • Yesi Kusumawardani Universitas PGRI Madiun
  • Ninik Srinjani Universitas PGRI Madiun
  • Murahayu SDN 02 Pandean

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15270

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Media Pembelajaran

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun sumber daya manusia berkualitas tinggi. Namun, observasi awal di SDN 02 Pandean Kota Madiun mengungkap adanya kesenjangan dalam pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Sekitar 35% siswa kesulitan memahami konsep pecahan sederhana, 40% mengalami kesulitan membandingkan pecahan, dan 25% tidak mampu menyelesaikan soal matematika yang melibatkan pecahan. Kesenjangan ini menekankan perlunya meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep pecahan siswa untuk sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak media papan pecahan terhadap pemahaman dan penerapan konsep pecahan siswa di kelas II. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) melibatkan siswa kelas II di SDN 02 Pandean Kota Madiun. Metode pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara, dan observasi langsung terhadap aktivitas belajar mengajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada Siklus 1, data awal dikumpulkan melalui tes awal dan observasi terhadap respons siswa terhadap penggunaan media papan pecahan. Siklus 2 melibatkan pengumpulan data melalui tes akhir dan observasi lanjutan untuk mengevaluasi efektivitas perbaikan berdasarkan hasil siklus sebelumnya. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dari Siklus 1 ke Siklus 2. Hanya 50% siswa yang mencapai kategori "Menguasai dengan Baik" pada Siklus 1, sedangkan pada Siklus 2, persentasenya meningkat menjadi 70%. Hal ini menegaskan efektivitas penggunaan media papan pecahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pecahan sederhana. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, N., & Wahyuni, M. P. I. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar. LovRinz Publishing.

Apriyani, D. C. N. (2021). Materi Prasyarat Dan Miskonsepsi Terkait Keterampilan Aljabar. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas Tahun (p. 92).

Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193-203.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 157.

Gambu, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Lembor Tahun Ajaran 2019/2020. EDUNET-The Journal of Humanities and Applied Education, 1(1), 29-39.

Khusnaeni, A. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI INOVATIF DALAM MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMK PEMBANGUNAN. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(6), 877-885.

Lestari, A. P. (2022). Representasi Visual Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan Di Kelas VC SDN 002 Rinding.

Muktamar, A. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Implementasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(4), 10-18.

Mustika, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika. Jurnal ika, 18(1), 54-72.

NURUL, J. D. (2018). PROSES ILLUSION ZONE (IZ) DOSEN MATEMATIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS. LECTURER REPOSITORY.

Rompis, F. F. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Barang Bekas pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 21-46.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).

Wahab, A., Junaedi, S. P., Efendi, D., Prastyo, H., PMat, M., Sari, D. P., ... & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru mi/sd.

Zainuddin, M. (2015). Reformasi Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Wawasan Pendidikan Indonesia: Perspektif Indonesia, Menggagas Pendidikan Masa Depan, 73.

Downloads

Published

2024-06-23