IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 2 SDN 02 PANDEAN KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15278Keywords:
Problem Based Learning, hasil belajar matematika, keterlibatan siswa, penelitian tindakan.Abstract
Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 2 di SDN 02 Pandean Kota Madiun telah diselidiki dalam penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas PBL dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran matematika. Dengan pendekatan penelitian tindakan kelas, dilakukan dua siklus observasi, wawancara, dan kegiatan belajar-mengajar langsung. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dari Siklus 1 ke Siklus 2. Terjadi peningkatan yang mencolok pada nilai rata-rata pre-test dan post-test, serta peningkatan dalam keterlibatan siswa, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan kolaborasi. Temuan menunjukkan bahwa PBL dapat merangsang minat belajar siswa, membangkitkan rasa ingin tahu, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif mereka. Disarankan untuk terus menerapkan PBL dengan variasi dalam formulasi masalah, organisasi proyek, dan fasilitasi diskusi dan refleksi. Pelatihan dan dukungan yang memadai bagi guru juga diperlukan untuk implementasi PBL yang efektif dan berkelanjutan, dengan tujuan terus meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan hasil belajar siswa di SDN 02 Pandean Kota Madiun.Downloads
References
Aprilita, T. D., & Handican, R. (2023). Persepsi Siswa terhadap Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 546-560.
Ariandi, Y. (2017, February). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 579-585).
Corebima, M. A., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Program Linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56-65.
Fuadi, A. S., & Muchson, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Masa Pandemi Covid 19 Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan.
Haidar, A. A. H. (2024). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK MA NURUL IMAN KAB. TASIKMALAYA JAWA BARAT. UNISAN JURNAL, 3(3), 418-428.
Hidayati, A. U. (2018). Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143-156.
Ivantri, R. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 185-200.
Katili, A. (2022). Probablitas Fungsi Penggunaan Model Problem Based Learning dan inquiri dalam Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 23-33.
Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 50-58.
Salsabila, N. M., & Setiyawan, A. (2024). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀAH PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 273-290.
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.
Sipayung, J. (2024). MEMAKSIMALKAN POTENSI SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 4 KISARAN. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 9(1), 36-44.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.
Sugiarti, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 151-158.
Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49-59.
Suryati, L., Jalinus, N., Abdullah, R., & Rahmadhani, S. (2023). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Prespektif Filsafat Konstruktivisme pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(2).
Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode Jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.