ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TRI N DENGAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Septina Cipta Putri SDN Sidomulyo, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Insanul Qisti Barriyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sutrisna Wibawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15145

Keywords:

berpikir kritis, Problem Based Learning, tri N

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan penerapan model Problem Based Learning terintegrasi tri N dengan media Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning terintegrasi tri N dengan media Canva dalam pembelajaran IPA, SBdP, dan PPKn. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Sidomulyo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning terintegrasi tri N dengan media Canva dapat terlaksana dengan tepat sesuai langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning terintegrasi tri N dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Hal ini tercermin dari pelaksanaan pembelajaran yang mendorong siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah dan menggunakan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apiati, V., & Hermanto, R., (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178.

Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review, 3(1), 47–56.

Ariani, R. F., (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3). 422-432.

Damayanti, S., & Rochmiyati, S. (2019). Telaah Penerapan Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) pada Buku Bahasa Indonesia Kelas IX SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 388-397.

Enawati, & Rochmiyati, S. (2020). Implementasi Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahni) dan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) Pada Perangkat Pembelajaran Teks Deskripsu Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 8–14.

Ennis, R. H. (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Educational Leadership, 43(2), 44-48.

Ferdiansa, R.A., Miyono, N., Reffiane, F., & Suprihatin G. (2023). Penerapan Model Base Learning berbantu “Canva” terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Gajahmungkur 04. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research. 3(2).12099-12110.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11.

Kristanti, A., Hasan, K., & Hairuddin. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Presentasi Canva dan Quiziz Teradap Hasil Belajar Siswa Kelas II di SDN 7 Letta. Pinisi Journal of Teacher Professional. Journal of Teacher Professional, 2(4), 662–665.

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. G. D., (2020). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2). 167-175.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook(Third edition). Singapore: SAGE Publications, Inc

Nazzila, F., Wina, A., Widodo, S. T., & Dewi, R. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva dalam Model PBL (Problem Based Learning) sebagai Penunjang Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Sejarah Perumusan Pancasila di SDN Ngaliyan 04. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5). 4150-4158.

Nurrohima, F. Q., Chamdani, M., Susiani, T. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VB SDN 2 Kebulusan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). 728-733.

Oda, F. E., Budhi, W., & Hasanah, D. (2022). The Development of Electronic Student Worksheet based on Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) on Temperature and Heat topic for XI Grade of SMA PIRI 1 Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 1–10.

Pardede, N., Pangaribuan, F., & Tambunan, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Canva terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di SMKN 8 Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education, 5(1), 41-46.

Pramesti, R. I., Wulandari, D., Kusumawardani, N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengaruh Model Problem Based LearningBerbasis Ajaran Tri N Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa,1(4), 235-244.

Ridho, F., Ruwiyatun, Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10-15.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Sutanto, S., Arrifa, S. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Application of the Tri-N-Based PBL Learning Model (Niteni, Nirokke, Nambahi) in Class V Elementary School Social Studies Learning. Jurnal Pendidikan IPS,13(1), 81-89.

Syamsuar & Reflianto. (2018). Pendidikandan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2(2).

Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 1–12.

Downloads

Published

2024-06-24

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3