SAINS PEMBELAJARAN FOTOGRAFI SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN GANDA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15040Keywords:
Ilmu Fotografi, Kecerdasan Ganda, PembelajaranAbstract
ABSTRAK Kehadiran konsep Gardner pada tahun 2003 mengenai faktor-faktor kecerdasan pada anak telah mengubah perspektif terhadap pemahaman tentang kecerdasan. Pada mulanya kecerdasan hanya dikaitkan dengan kemampuan logika untuk memahami fenomena yang terkait dengan aspek kognitif. Namun, seiring perkembangannya kecerdasan tidak hanya terbatas pada kemampuan logika, tetapi juga melibatkan dimensi emosional yang perlu diakui dan dihargai menjadi perpaduan Multiple Intelliegences. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya mengembangkan ilmu fotografi dengan memanfaatkan pembelajaran kecerdasan ganda pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar. Metodelogi digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran fotografi yang multidispliner atau ganda, ternyata mahasiswa dapat mengintegrasikan IQ, EQ, SQ, CQ dan AQ secara komprehensif. Sekalipun, belum dijadikan ukuran yang maksimal dikarenakan tata kelola Sumber Daya Manusia (SDM) masih belum selaras dengan esensi dari multiple intelligences sesungguhnya. Namun, guna mengembangkan skill fotografi mesti diajarkan pada mahasiswa Teknologi Pendidikan sebagai sains pembelajaran multidispliner atau ganda. Di mana, kecerdasan intelektual harus sejalan dengan kedalaman spiritual dan kepekaan hati nurani yang baik, serta memiliki kepribadian yang sopan dan taat kepada Tuhan yang menciptakannya. Apabila tidak disatukan, kehidupan dapat terpecah belah dan menimbulkan bencana, baik di dunia maupun akhirat serta membawa derita yang tak terhitung. Oleh karena itu, pentingnya pendidikan harus dihargai dengan pencerahan logika mawarda marahmah al madina munawarah yang rahmatan lil alamin, artinya negeri yang berperadaban dicintai oleh seluruh alam semesta. Hal itu sehingga sains pembelajaran fotografi sebagai upaya mengembangkan kecerdasan ganda pada anak didik, dan ini telah diupayakan oleh Dosen dan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar. Bahkan di Universitas Muhammadiyah Makassar telah menjadikan mata kuliah fotografi sebagai salah satu pembelajaran keterampilan yang bermanfaat. Untuk memberikan nilai lebih dalam meningkatkan motivasi belajar dan bernilai ibadah kepada mahasiswanya.Downloads
References
Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila.
Hartono, U., Amarullah, R. Q., & Mulyadi, E. (2022). Hakikat Belajar Menurut UNESCO Serta Relevansinya Pada Saat Ini. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 1(2), 22–30. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i2.65 [diakses pada 01 November 2023]
Hikmah, S. N. A. (2022). Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 3, No. 2, Desember 2022. Jurnal Tarbiyatuna, 3(2), 79–96.
Jejaring, N., Dan, S., & Berpikir, K. (2017). 3216-7985-1-Sm. 2(3), 171–184.
Kusumo, R. O., Bangsa, P. G., & ... (2019). Perancangan Fotografi sebagai Media Promosi Pariwisata Pantai Kedung Tumpang, Pucanglaban, Tulungagung. Jurnal DKV ….
Maman A. Majid Binfas. 2014. Budaya Pengelolaan Pendidikan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) Indonesia. Distertasi. Universiti Kebangsaan Malaysia.
Maman A. Majid Binfas (2024). Calon Dicoblosin Demi Mata Duitan. from pedomankarya.co.id website: https://www.pedomankarya.co.id/2024/01/calon-dicoblosin-demi-mata-duitan.html?m=1 [diakses pada 29 Januari 2024]
Maman A. Majid Binfas (2023). Tut Wuri Ditelanjangi. from gema.uhamka.ac.id website: https://gema.uhamka.ac.id/2023/05/16/tut-wuri-ditelanjangi/ [diakses pada 29 Januari 2024]
Mijil Purwana, N., & Setyo Yanurtuti. (2020). Wisata Edukasi Kampung Coklat Sebagai Sarana Deteksi Kecerdasan Anak Usia Dini Berdasarkan Teori Kecerdasan Ganda. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 231–241. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.976 [diakses pada 02 November 2023]
Mubarok, A. (2001). Psikologi Qur’ani. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Mujib, A., & Mudzakir, Y. (2002). Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Musfiroh, T. (2014). Multiple Intelligences dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Lemlit UNY. Retrieved from https://multiple-intelligence.com [diakses pada 01 November 2023]
Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981 [diakses pada 02 November 2023]
Rifah, M., Ramadhan, M. R. N., Wahyudin, M. R., Fahmi, M. F., Binfas, M. A. M., & Audia, C. (2023). Administrasi Hubungan Kerjasama Sekolah Dan Masyarakat. Journal On Education, 6(1), 7639-7647.
Rizka Fadliah Nur. (2021). Pola Asuh Ibu Tunggal Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini (Studi Deskriptif pada Anak Usia 4 - 6 Tahun). Musawa: Journal for Gender Studies, 13(1), 82–105. https://doi.org/10.24239/msw.v13i1.741 [diakses pada 01 November 2023]
Saputra, A., Satiri, I., & Erlina, L. (2021). Intelligence Quetiont (IQ), Emotional Quetiont (EQ), dan Spiritual Quetiont (SQ) Qur`ani Ulul Albab. Zad Al-Mufassirin, 3(2), 250–267. https://doi.org/10.55759/zam.v3i2.47 [diakses pada 05 November 2023]
Sma, D. I., & Malang, N. (2012). Multiple Intelligence. SpringerReference, 5(2), 311–322. https://doi.org/10.1007/springerreference_180088 [diakses pada 02 November 2023]
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987 [diakses pada 05 November 2023]
Takaria, johanis. (2018). Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 87–95.
Umam, M. K., & Saputro, E. A. (2020). Kecerdasan Spiritual Ditinjau Dari Nilai Nilai Profetik. Journal Of Hadit And Quranic Studies, 3(1), 1–10.
Wulan, S. (2023). Konsep Pendidikan Multiple Intelligences Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(03), 7721–7739.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.