HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14642Abstract
Penelitian ini membahas mengenai hubungan media sosial TikTok terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas VI SD Negeri Cengkareng Timur 15 Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial tiktok dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Jumlah sampel penelitian adalah 36 siswa kelas VI SD Negeri Cengkareng Timur 15 Pagi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tabel dan analisis statistic non-parametik dengan menggunakan korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan media sosial TikTok dengan motivasi belajar Pendidikan Pancasila yang ditunjukkan dari uji korelasi sebesar 0,590 yang dikategorikan bahwa hubungan antara kedua variabel sedang dan memiliki hubungan positif. Kata Kunci: Media Sosial TikTok, Motivasi Belajar, Pendidikan PancasilaDownloads
References
Andri, R. M., & SP, M. P. (2017). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112-127.
Nagle, J. (2018). Twitter, cyber-violence, and the need for a critical social media literacy teacher education: A review of the literature. Teaching and Teacher Education, 76, 86–94. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.08.014
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. hal: 73
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011.Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.hal:49
Sumiati dan Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.hal: 59
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.hal: 23
Seraji, F., Malmir, R., Kasani, H. A., & Abedi, H. (2023). Teacher-generated content in social media: Studying the experience of Iranian teachers. Teaching and Teacher Education, 121, 103955. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103955
Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1822
Damico, N., & Krutka, D. G. (2018). Social media diaries and fasts: Educating for digital mindfulness with pre-service teachers. Teaching and Teacher Education, 73, 109–119. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.009
Falgoust, G., Winterlind, E., Moon, P., Parker, A., Zinzow, H., & Chalil Madathil, K. (2022). Applying the uses and gratifications theory to identify motivational factors behind young adult’s participation in viral social media challenges on TikTok. Human Factors in Healthcare, 2, 100014. https://doi.org/10.1016/j.hfh.2022.100014
Andriani, M. W. (2021). Studi Fenomenologi Motivasi Kebutuhan Penggunaan TikTok Dalam Perkembangan Kematangan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(1). https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.4217
Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 147–157
Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533–543.
Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Salimi, M. (2022). A Multicultural Interactive Digital Book: Promoting Tolerance and Multiculturalism to Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4079–4096.
Andara, S., Aisy, Z. I. R., Sutini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Anak Sekolah Dasar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.55893
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno 20 (2), 1-8.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Dewi, N. P. C. P. (2022). Analisis Buku Panduan Guru Fase A Kelas I Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 131-140.
Galuh, I. G. A. A. K. (2017). Media Sosial dan Demokrasi. Polgov.
Hayes, C., Stott, K., Lamb, K. J., & Hurst, G. A. (2020b). “Making Every Second Count”: Utilizing TikTok and Systems Thinking to Facilitate Scientific Public Engagement and Contextualization of Chemistry at Home. Journal of Chemical Education, 97(10), 3858–3866. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00511
Zeng, J., & Abidin, C. (2021). ‘#OkBoomer, time to meet the Zoomers’: studying the memefication of intergenerational politics on TikTok. Information Communication and Society, 24(16), 2459–2481. https://doi.org/10.1080/1369118X.2021.1961007
Ranganathan, P., Stodolsky, D., Calow, J., Dorfman, J., Guevara, M., Smullen Iv, C. W., Kuusela, A., Balasubramanian, R., Bhatia, S., Chauhan, P., Cheung, A., Chong, I. S., Dasharathi, N., Feng, J., Fosco, B., Foss, S., Gelb, B., Gwin, S. J., Hase, Y., ...Wu, H. K. (2021). Warehouse-scale video acceleration: Co-design and deployment in the wild. International Conference on Architectural Support for Programming Languages and Operating Systems -ASPLOS, 600–615. https://doi.org/10.1145/3445814.3446723
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Bakistuta, E. T., & Abduh, M. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Tindak Tutur Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1201-1217.
Nurhasanah, P. S., & Lestari, T. (2022). Pengaruh Aplikasi Tiktok terhadap Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 115–121. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i2.8920
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201
Ilahin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’, 3(1), 112–119. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.300
Uno, H. (2016). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
Hermawan, A., & Rahayu, T. S. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 467-475.
Hermawan, A., & Rahayu, T. S. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 467-475.
Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana
Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2).
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal komunikasi, 14(2), 135-148.
Selvia, D. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 4(2), 47-55.
Nuzuli, A. K., & Natalia, W. K. (2021). Motif Penggunaan Aplikasi Tik Tok di Kota Semarang. Jurnal InterAct, 10(2), 47-58.
Sugiyono. 2018. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” in ke-26. Bandung: PT Alfabet.
Nazir, Mohammad. 2011. Metode Penelitian. 6th ed. Bogor: Penerbit Ghalia.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta:Kencana, 2015.
Wicaksono, Andri Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Garudhawaca, 2022.
Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Mukhtazar, M. P. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Sudaryana, Bambang. Ricky Agusiadi. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish. 2022.
Muslimin, Dian. dkk. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Padang: Get Press Indonesia. 2023
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Dharma, Budi. Statistik Penelitian Menggunakan SPSS Jakarta : Guepedia, 2023.
Wahyudin dkk, Metode Penelitian Kuantitatif : dengan aplikasi IBM SPSS, Padang: Get Press Indonesia. 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.