PENGARUH METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI 159 PEKANBARU

Authors

  • Dewi Fortuna Br.Tompul Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14606

Keywords:

Kemampuan Menyimak, Metode Permainan Bisik Berantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan bisik berantai terhadap kemampuan menyimak siswa kelas V SD Negeri 159 Pekanbaru. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan desain quasi-eksperimental. Wujud desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Tim Design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu metode permainan bisik berantai (variabel X) dan kemampuan menyimak (variabel Y). Teknik pengumpulan datanya adalah memberikan pretest dan posttest untuk variabel X dan Y, dan observasi sebagai data pendukung dari instrumen tes, serta dokumentasi. Sedangkan subjek dari penelitian ini diambil dari 60 responden. Untuk analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana menggunakan rumus SPSS dengan rumus Y = a + bX. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa nilai output tersebut dapat diketahui bahwa nilai t hitung = 4,233 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang siginifikan antara variabel metode permainan bisik berantai (X) terhadap kemampuan menyimak (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, L. N. H., Rukayah., & Daryanto, J. (2020). Analisis Permasalahan dalam Keterampilan Menyimak pada Kelompok Belajar Kelas IV di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 449, 1–6. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49344%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/49344/30681

Alviolita, R., & Arisandy, D. (2020). Peningkatan Ketrampilan Menyimak Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Permainan Bisik Berantai. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(2), 115–126. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v14i2.1227

Dwi Septya, J., Widyaningsih, A., Nur Khofifah Br, I. B., & Herdianti Harahap, S. (2022). Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 365–368.

Effendy, U., Puspita, L., & Oktariani, A. P. (2016). Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V Sd Negeri 128 Palembang Melalui Model Paired Story Telling. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 3(1).

Fauziah, A. (2015). Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai terhadap Keterampilan Menyimak Pantun.

Sapitri, P. D. (2021). Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Kalimat Pada Siswa Kelas IV SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 11.

Rambe, R. N., Rahmadani, A., Utami, P., Masriana, M., Ritonga, Y., & Marcela, R. (2023). Efektivitas Metode Bisik Berantai dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Kelas 6 SD 010140. Tsaqofah, 3(4), 577–584. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1238

Widyanti, H., Romlah, E. N., Akhyadi, A. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini Di Tk Rian Kumarajaya. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 92. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p92-104

Downloads

Published

2024-06-17