PENGARUH METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI 159 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14606Keywords:
Kemampuan Menyimak, Metode Permainan Bisik BerantaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan bisik berantai terhadap kemampuan menyimak siswa kelas V SD Negeri 159 Pekanbaru. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan desain quasi-eksperimental. Wujud desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Tim Design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu metode permainan bisik berantai (variabel X) dan kemampuan menyimak (variabel Y). Teknik pengumpulan datanya adalah memberikan pretest dan posttest untuk variabel X dan Y, dan observasi sebagai data pendukung dari instrumen tes, serta dokumentasi. Sedangkan subjek dari penelitian ini diambil dari 60 responden. Untuk analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana menggunakan rumus SPSS dengan rumus Y = a + bX. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa nilai output tersebut dapat diketahui bahwa nilai t hitung = 4,233 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang siginifikan antara variabel metode permainan bisik berantai (X) terhadap kemampuan menyimak (Y).Downloads
References
Afifah, L. N. H., Rukayah., & Daryanto, J. (2020). Analisis Permasalahan dalam Keterampilan Menyimak pada Kelompok Belajar Kelas IV di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 449, 1–6. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49344%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/49344/30681
Alviolita, R., & Arisandy, D. (2020). Peningkatan Ketrampilan Menyimak Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Permainan Bisik Berantai. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(2), 115–126. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v14i2.1227
Dwi Septya, J., Widyaningsih, A., Nur Khofifah Br, I. B., & Herdianti Harahap, S. (2022). Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 365–368.
Effendy, U., Puspita, L., & Oktariani, A. P. (2016). Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V Sd Negeri 128 Palembang Melalui Model Paired Story Telling. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 3(1).
Fauziah, A. (2015). Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai terhadap Keterampilan Menyimak Pantun.
Sapitri, P. D. (2021). Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Kalimat Pada Siswa Kelas IV SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 11.
Rambe, R. N., Rahmadani, A., Utami, P., Masriana, M., Ritonga, Y., & Marcela, R. (2023). Efektivitas Metode Bisik Berantai dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Kelas 6 SD 010140. Tsaqofah, 3(4), 577–584. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1238
Widyanti, H., Romlah, E. N., Akhyadi, A. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini Di Tk Rian Kumarajaya. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 92. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p92-104
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.