PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 21 PEKANBARU

Authors

  • Selly Rima Melati Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12399

Keywords:

comic media, learners, reading comprehension skills

Abstract

Pembelajaran membaca sangatlah penting bagi siswa sekolah dasar untuk mengembangkan kemampuan dan siswa lebih banyak menggali informasi pengetahuan secara luas dengan membaca. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh media komik terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif Pre-Eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest dan tidak menggunakan kelompok kontrol. Subjek dari penelitian ini adalah kelas IV yang terdiri dari 27 orang. Data penelitian diperoleh dari tes berbentuk objektif dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui hasil pengaruhnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan media komik berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh dengan menggunakan regresi linear sederhana yaitu menunjukkan adanya pengaruh media komik terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 21 Pekanbaru. Hal ini berdasarkan dengan nilai mean pretest kemampuan membaca pemahaman sebesar 54,81 dan posttest sebesar 80,74. Selisih nilai mean pretest dan posttest sebesar 25,93. Keywords: comic media, learners, reading comprehension skills

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Aprilianta, A. S., & Mei Fita, A. U. (2016). Keefektifan Media Komik Terhadap kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29-39.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cecep, Kustanti & Daddy, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Ema, D., Agus, G., & Oman, F. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa. Jurnal Ibtida’I, 6(1), 64-78.

Florens, D. P. (2018). Analisis Semiotika Komunikasi Visual Buku "Memahami Komik" Scott McCloud. Jurnal Studi Komunikasi, 2(2), 278-279.

Giartini, Rosarina. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Information Communication and Technology (ICT). Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 7(4), 20-31.

Hilda, M. P., Humairo, S. Z., Nadia, S., & Rizky, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembanagn Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 177-193.

Isran, Rasyid. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 1-6.

Jauharoti, Alfin. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia MI. Surabaya: AprintA LAPIS-PGMI.

Kustanti, C., & Bambang, S. (2016). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lilawati, Kurnia. (2016). Kota Urban Jakarta dalam Komik Karya Zaldy/Lilawati Kurnia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mega, Y. (2018). Penggunaan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Mim Banjarsari Metro Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Metro.

Muh, I., & Nur, I. (2021). Pengaruh Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Cerpen. Jurnal Onoma Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 125-131.

Muhamad, R. M., Nia, U. N., Danang, P. L. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405.

Nana, S., & Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ni Ktetut, D. T., & I Made, S. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. Jurnal undiksha, 5(2), 202-210.

Nurasiah, Hassanah. (2020). Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di Gubuk Baca Sekolah Pagesangan Wintaos Gunung Kidul. Jurnal Transformatif, 4(1), 1-12.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Pujiama, Y., Hendra A. F., & San, A. (2018). Perancangan Komik Sejarah Perang Padri di Sumatera Barat the Heroes PADRI. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1) 2018, 1-8.

Purba, H. M., Zainuri, H.S., Syafitri, N., Ramadhani, R. 2023. Aspek-Aspek Membaca dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 177-193.

Rafelio, Agata. (2020). Kajian Komik Raibarong Karya Alex Irzaqi. Jurnal Seni Rupa, 8(3), 194.

Rosi, Lestari. (2016). Pengaruh Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas III SD Islam Al Amanah Tangerang Selatan. Skripsi: PGMI Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sahir, S. H. (2021) Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia.

Slamet, Basuki. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Pada Materi Menceritakan Kembali Isi Dongeng Yang Didengarkan Melalui Kegiatan Komidi Putar Diskusi. Jurnal Pinus, 1(3), 242-251.

Setianingsih, D. (2017). Metode pemberian tugas untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda siswa tunarungu kelas dasar II. Widia Ortodidaktika, 6(6), 1-8.

Shofatul, I., Agung, S., & Tyasmiani, C. (2020). Identifikasi Keterampilan Berbicara Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN Telang 1. Jurnal Prosiding Nasional Pendidikan, 1(1), 403-409.

Suci, M., Rustono, W. S., & Hodidjah. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Membaca Pemahaman Di Kelas V SD Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 283-295).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode the Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Tombo-Tombolo Kabupaten Jeneponto. Skripsi: PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar.

Suparlan. (2021). Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12.

Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis-Jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis-Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.

Syahrul, Fitri. (2019). Efektivitas Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SDN 26 Matekko Kabupaten Bulukumba. Skripsi: PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar.

Syera, T. D., & Nyoto, H. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2), 48-49.

Tastin, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 157-158.

Udin, Dile. (2020). Kemampuan Membacakan Teks Berita Surat Kabar Lokal Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 400-408.

Widasari. (2017). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiratna, Sujarweni. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2024-03-19