PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 159 PEKANBARU

Authors

  • Riama Taruli Br Sinaga Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14638

Keywords:

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Role Playing, Kemampuan Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 159 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 159 Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 159 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Teknik pengupulan data penelitian diperoleh dari tes objektif yang dilakukan dengan pretest dan postest serta observasi untuk mengetahui hasil pengaruhnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa. Berdasarkan hasil posttest rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi 80,33 dari rata-rata pretest 59,33 maka terlihat adanya peningkatan rata-rata pretest ke postest. Berdasarkan pengujian dan hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 artinya model pembelajaran role playing (X) berpengaruh dan signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman (Y) siswa kelas V SD Negeri 159 Pekanbaru. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman(Y) siswa kelas V SD Negeri 159 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, Abas. 2019. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6(1): 19–32.

Nursolihat, Erika Nabila et al. 2023. “Pengaruh Model Role Playing Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas III SDN 020 Lengkong Besar Kota Bandung) Erika.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 09(September): 828–36.

Rahmawati. 2020. “Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Luwu House Reading Community as a Social Innovation to Increase Reading Interest in Luwu Regency.” DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 4(2): 158–68.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:ALFABETA.

Downloads

Published

2024-06-17