PENERAPAN METODE BERKISAH DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA JARI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM PERSEPEKTIF HADIS

Authors

  • Siti Nurhidayati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zulkipli Lessy UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14552

Keywords:

finger puppets, hadith perspective, language development, storytelling method

Abstract

Language development is one aspect of development in early childhood that is important to develop, because language is a communication tool in conveying messages, desires, opinions to other people and understanding other people's desires, therefore this research aims to determine whether there is language development. is the application of the storytelling method using finger puppets to the language development of children aged 5-6 years in PAUD Ihsan Fikri, Tampan District, Pekanbaru City. This type of research uses quantitative research with teachers and children as subjects. Meanwhile, the object is the application of the storytelling method using finger puppets to the language development of children aged 5-6 years. Data is collected through observation and documentation. Data were analyzed using quantitative descriptive data analysis techniques. These results show that 37% are developing according to expectations (BSH), 32% are developing very well (BSB), 30% are starting to develop (MB) and 0% are not yet developing (BB). Keywords: finger puppets, hadith perspective, language development, storytelling method

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Remaja Rosda Karya.

Adhiti, I. A. I. Artajaya, G. S. & Pidada, I. A. P. (2022). PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA BALI PADA USIA DINI (Usia 4-5 Tahun). KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 6(1). https://doi.org/10.22225/kulturistik.6.1.4337

Ahmad Susanto, 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Ahmad Tafsir, 2011 Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Remaja Rosdakarya

Anisa, A. & Faqihatuddiniyah, F, 2022. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA (KEAKSARAAN) DALAM MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN GAMBAR MELALUI MODEL KOMBINASI MAMPERGA PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-IHSAN BANJARMASIN. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1). https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4698

Anita Yus, Rini Hildayani 2015. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, dkk – cet. 9 - Jakarta : Universitas Terbuka.

Aprianti Yofita Rahayu, 2013. Anak Usia TK Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita, Jakarta : Indeks.

Arikunto, Suharsimi. Dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2010

Asef Umar Fakhruddin, 2018. Sukses Menjadi Guru PAUD, Bandung: Rosdakarya

Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahannya, Bandung: CV Diponegoro, 2011.

Dhieni, Nurbianii, dkk, 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dr. Subur, M.Ag, 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah, penerbit KALIMEDIA.

Dra. Lilis Madyawati,M.Si, 2016 Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak . Penerbit KENCANA.

Drs. Beni Ahmad Saebani, M.Si, 2012 Ilmu Pendidikan Islam, penerbit PUSTAKA SETIA.

Handayani, Ek, 2007. Psikologi Perkembangan Anak.

Heri Gunawan, 2014 Pendidikan Islam Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2012 Manajemen PAUD, penerbit Bandung : Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 tentang Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Prof. Dr. Sudarwan Danim, 2017 Perkembangan Peserta Didik. Penerbit ALFABETA.

Tadkirotun Musfiroh, 2008. Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini,Yogyakarta.

Susanti Etnawati, Jurnal Pendidikan, Volume 22, Nomor 2 Desember 2021, 130 – 138, Teori Vygotsky Tentang Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Waris, W., & Supatmi, S, 2022. Pemanfaatan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Usia Dini. BIO-CONS : Jurnal Biolgi Dan Konservasi, 3(2). https://doi.org/10.31537/biocons.v3i2.617

Zainudin aqib, 2019 Metodologi Penelitian Penididikan, ANDI Yogyakarta.

Zalyana, 2016 Konsep Pembelajaran pada Anak Usia Dini, Pekanbaru: Cahaya F

Zaman, 2011 Pengembangan alat permainan Edukatif di lembaga Pendidkan Anak usia, Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-06-01