PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN (SPEED READING) TERINTEGRASI HADIS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14172Keywords:
hadith, reading comprehension, speed readingAbstract
Kemampuan membaca pemahaman sangat dibutuhkan oleh peserta didik tingkat sekolah dasar dalam menyaring informasi ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar masih tergolong rendah, oleh karena itu harus dilakukan upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pendidik adalah menggunakan metode pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif. Metode yang dapat digunakan ialah speed reading, metode ini melibatkan berbagai metode lainnya seperti metode pengulangan, diskusi dan tanya jawab sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SA di zamannya dengan mengkolaborasikan berbagai metode demi tercapainya penyempaian pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hadis dapat menggabungkan metode speed reading dengan metode pembelajaran lainnya terhadap kemampuan membaca pemahaman. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian library research. Hasil dari penelitian ini ialah metode pembelajaran bisa diintegrasikan melalui hadis dengan metode speed reading terhadap kemampuan membaca pemahaman.Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.
Afendi, A. H. (2016). Al- Islam Studi Hadis Tarbawi (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Afifah, N. N., Irawan, D., & Wiarsih, C. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Melalui Blended Learning Kelas V SD Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 46–51.
Amanata, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/836
Apriyani, L., Rabani, L., & M, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Siswa Kelas Vb SDN 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13694
Bahri, S., & Zain, A. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Daulay, M. I., & Nurmnalina, N. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Firman, D. Y., Kurniaman, O., & Witri, G. (2022). PENGARUH METODE SPEED READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 145 PEKANBARU. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1).
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Wal ashri Publishing.
Madusari, E. A., Alamsyah, T., & Dihanti, E. (2009). Metode Pembelajaran. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.
Masykur, S. S. (2021). Tafsir Qur’an Surah Al-‘Alaq Ayat 1 Sampai 5. Jurnal Studi Keislaman, 2(2).
Memisevic, H., Dedic, A., Biscevic, I., Hadzic, S., Pasalic, A., & Malec, D. (2022). Identifying predictors of reading speed and reading comprehension in Bosnian. Applied Neuropsychology: Child, 11(3), 297–306. https://doi.org/10.1080/21622965.2020.1815023
Mulyati, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Hyperscan Pada Siswa Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 46–58. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1369
Nadwa. (2014). Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).
Nurhadi. (2010). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Pasaribu, S. (2018). Hadis-Hadis Tentang Metode Pendidikan. Jurnal Al-Fatih, 1(2), 360–386. Retrieved from http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/19
Pebriani, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas VII Smp Semen Padang. Gramatika Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.1276
Ramadhani, A., & Halidjah, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model SQ4R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Fondatia, 7(2), 488–499. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3472
Rostiani, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Va Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rubini, R. (2019). Metode Pembelajaran Berbasis Hadis. Humanika, 18(1), 31–49. https://doi.org/10.21831/hum.v18i1.23127
Ruspa, A. R., Sehe, S., Abidin, S., & Nirwana, N. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Index Card Match Siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 457–468. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2489
Septiana, N. N., Zulfahmi, & Frasandy, R. N. (2023). Metode Speed Reading pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal Cerdas Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN IB Padang, 5(2), 188–202.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Soedarso. (2010). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. Pembinaan Minat Baca, 1–49.
Wahyu, W., Mulyawati, Y., & Talitha, S. (2022). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1586–1593.
Widiatmoko, I. (2011). Super Speed Reading. Jakarta: PT Gramedia Utara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.