MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL MELALUI PROGRAM ESKUL PUBLIC SPEAKING DI SDIT AL-WATHONIYAH

Authors

  • Yeni Puji Astuti STKIP PGRI Sumenep
  • Ali Armadi STKIP PGRI SUMENEP
  • Mafruhah STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14277

Keywords:

Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Intrapersonal, Ektrakurikuler Public Speaking.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dampak ektrakurikuler public speaking terhadap perkembangan siswa dalam mengasah komunikasi siswa. Komunikasi merupakan suatu hal yang mendasar bagi suatu perubahan belajar siswa yang mampu ditingkatkan dan di kembangka. Ektrakurikuler merupakan wadah bagi siswa SDIT Al-Wathoniyah untuk berani tampil baik di kelas maupun di luar kelas. Karena komunikasi sangat penting dalam kehidupan manusia, manusia juga merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang lain. Kegiatan ektrakurikuler public speaking juga berpengaruh pada komunikasi interpersonal dan intrapersonal siswa. Karena dengan adanya kegiatan tersebut siswa diberi kesempatan untuk masju kedepan kelas untuk tampil akan melatih bagaimana siswa berbicara di depan banyak orang. Kemudian juga menyakinkan siswa untuk harus percaya diri bahwa dirinya bisa hal ini termasuk komunikasi intrapersonal. Ektrakurikuler menerapkan 3 kegiatan yaitu Story telling, pidato dan puisi. Namun kegiatan tersebut tidak selalu berjalan dengan lancar pasti ada beberapa hambatan yang dialami sehingga kurangnya maksimal dalam mengetahui perkembangan siswa dalam berkomunikasi. Tapi, sebagian besar siswa sudah banyak yang berani untuk tampil di beberapa tempat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana informasi atau data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angganing, P. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Dengan Cara Bermain Peran: Teori Keterampilan Komunikasi. https://jurnal.fkip.uns.ac.id, 17.

Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-COMIC BAGI GURU SDN KEBUNAGUNG II SUMENEP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).

AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Big Book Berbasis Steam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.

Ar, M. M., & Aini, K. (2023). The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 122-134). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Ar, M. M., Aini, K., & Hidayatillah, Y. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi-Numerasi Digital Guru Sekolah Dasar Di Era Merdeka Belajar. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 111-125.

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.

AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.

Arifa-Murobbi, S. (2022). Eskalasi Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Metode Suggestopedia Dalam Mengembangkan Kualitas Belajar. jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/article/view/murobbimaret22_06/murobbimaret22_06, 111.

Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Astuti, Y. P. (2023). The Effect of the Cooperative Model With the Assistance of LKS on Class III Students' Learning at SDN Bumianyar II. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 399-414.

Astuti, Y. P. (2020, September). Upaya Guru Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Kelas I SDN Andulang di Era Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

CHOLI, A., & Muhammad, M. A. (2023). Buku Ajar Problematika Bimbingan dan Konseling.

Damayanti, N. P. U. I., AR, M. M., & Aini, K. (2024). KETERKAITAN PEMBELAJARAN RAGAM GEOGRAFIS DAERAH DENGAN DIAGRAM VENN DAN BILANGAN BULAT. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 102-109.

Deddy Wahyudi . (2011). Pembelajaran IPS berbasis kecerdasan intrapersonal interpersonal dan eksistensial. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/633/pembelajaran-ips-berbasis-kecerdasan-intrapersonal-interpersonal-dan-eksistensial.html.

Elva Ronaning Roem, S. (2019). Komunikasi Interpersonal. In E. R. Sarmiati, Komunikasi Interpersonal. Malang : CV IRDH.

Hardiansyah, F., & Abuyamin Rasia, M. M. (2022, April). Enhancing Students' Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 1, pp. 253-268). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). UTILIZATION OF ECO-LITERACY IN SCIENCE LEARNING AS A TEACHING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.

Indah, d. (2021). PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/1433/1227, 125.

Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.

Kamaruzzaman. (2016). ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/744/722

Misbahudholam AR, Muhammad, and HASAN BASRI. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Brain Based Learning Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pgsd.” Prosiding SEMDIKJAR-2: 155–63.

Mualiatun, N. (2010 ). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja di SMP Negeri 1 Sukoharjo . https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id, 91-92.

Nabila, B. (2019). PERANAN KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DALAM PROSES. https://repositori.usu.ac.id, 16-18.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3).

Shiddiq, A. (2022). The Foundation's Leadership Strategy for Developing Nurul Mannan Elementary School in West Banjar Gapura Sumenep. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3094-3097.

Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).

Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP: Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan dan Teknologi, 1(1), 119-122.

Downloads

Published

2024-06-20