KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BERBASIS STEAM

Authors

  • Muhammad Misbahudholam AR STKIP PGRI SUMENEP
  • Kurratul Aini STKIP PGRI SUMENEP
  • Ali Armadi STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11218

Keywords:

Big Book, STEAM, NUMERASI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran big book berbasis STEAM terhadap kemampuan numerasi pada mata pelajaran matematika peserta didik fase B di SDN Pajagalan III. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang sesuai dengan indikator kemampuan numerasi. Analisis penelitian ini menggunakan uji independent sample t test setelah sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrumen penelitian, serta dilakukan uji normalitas sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001<0,05 yang artinya media pembelajaran big book berbasis STEAM berpengaruh terhadap kemampuan numerasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, P., & Winanto, A. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Mapel IPAS Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 800-813.

Aini, K. (2021). Analisis proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218-228.

Aini, K. (2021). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning tipe flipped classroom pada masa pandemi covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42-49.

Aini, K., Prihandoko, A. C., Yuniar, D., & Faozi, A. K. A. (2020, May). The students’ mathematical communication skill on caring community-based learning cycle 5E. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.

Aini, K., & Ridwan, M. (2021). Students'hıgher Order Thınkıng Skılls Through Integratıng Learnıng Cycle 5e Management Wıth Islamıc Values In Elementary School. Al-tanzım: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 142-156.

Aini, K., & Yasid, A. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui hybrid learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7775-7781.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10.

AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools.

AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1).

AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Membentuk Karakter Melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum Desa Kambingan Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416-424.

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Analisis optimalisasi peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 423-432.

AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.

AR, M. M., Zainuddin, Z., Aini, K., & Mutia, T. (2022). Analysis of Numeration Literacy Program Implementation In Low Class Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3134-3137.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Fajriyah, E. (2022, October). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 403-409).

Faozi, A. K. A., Fatekurohman, M., Aini, K., & Yuniar, D. (2020, May). Student’s problem solving abilities in project based learning (pjbl) based on learning community (lc). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012070). IOP Publishing.

Firmansyah, F., Siregar, N. N., Purwati, P., & Haryanto, H. (2023). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 825-836.

Hardiansyah, F., & Abuyamin Rasia, M. M. (2022, April). Enhancing Students' Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 1, pp. 253-268). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). UTILIZATION OF ECO-LITERACY IN SCIENCE LEARNING AS A TEACHING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.

Misbahudholam AR, Muhammad, and HASAN BASRI. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Brain Based Learning Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pgsd.” Prosiding SEMDIKJAR-2: 155–63.

Mu'minah, I. H. (2021, October). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 584-594).

Murtado, M. A., Siskawati, F. S., & Al Ayubi, S. (2023). Analısıs Pemahaman Konsep Matematıs Peserta Dıdık Dıtınjau Darı Tıngkatan Nılaı Hasıl Belajar. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29-40.

Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 1(5), 73-93.

Nurdhiana, E. (2023). Penerapan Metode Sas (Stuktural Analıtık Sıntetık) Berbantuanmedıa Bıg Book Untuk Menıngkatkan Ketrampılan Membaca Permulaan Dı Kelas 1b SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 1643-1666.

Puspitorini, A., Indraswari, N. F., & Aini, K. (2023). Student mathematics understanding through blended learning approach. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-14.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3).

Ristiana, M. G., & Dahlan, J. A. (2021). Pandangan Mahasiswa Calon Guru dalam Penggunaan Model Gamifikasi dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 127-136.

Shiddiq, A. (2022). The Foundation's Leadership Strategy for Developing Nurul Mannan Elementary School in West Banjar Gapura Sumenep. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3094-3097.

Sidiq, F., Ayudia, I., & Sarjani, T. M. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69-75.

Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community of Inquiry. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 473-490.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Yuniar, D., Prihandoko, A. C., Aini, K., & Faozi, A. K. A. (2020, May). The analyze of students’ creative thinking skills on Lesson Study for Learning Community (LSLC) based on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012072). IOP Publishing.

Downloads

Published

2023-12-07