STANDAR PENDIDIKAN NASIONAL DALAM POLA KEBIJAKAN KURIKULUM DI INDONESIA

Authors

  • Arizkylia Yoka Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Hitta Alfi Muhimmah
  • Nurul Istiqfaroh

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14273

Keywords:

Standar Pendidikan Nasional, Kebijakan Kurikulum, Pola Kebijakan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai strategi dan upaya yang dapat dilakukan untuk optimalisasi implementasi standar pendidikan nasional dalam pola kebijakan kurikulum di Indonesia, termasuk identifikasi hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi serta solusi untuk mengatasinya. Dengan melakukan pendekatan literatur review yang komprehensif, penelitian ini mengidentifikasi tantangan kompleks dalam mengintegrasikan standar pendidikan nasional ke dalam kebijakan kurikulum di Indonesia. Hambatan tersebut antara lain meliputi perubahan teknologi, keterbatasan infrastruktur pendidikan, kurangnya sumber daya manusia terlatih, dan perbedaan kondisi sosial-budaya di berbagai daerah. Melalui analisis terhadap penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia, sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat, serta investasi yang memadai dalam infrastruktur pendidikan menjadi kunci dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi para pembuat kebijakan dan praktisi pendidikan dalam merancang dan melaksanakan kebijakan kurikulum yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan nasional. Dengan mengimplementasikan solusi-solusi tersebut, diharapkan bahwa pendidikan di Indonesia dapat mencapai standar yang lebih tinggi, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, M. I., & Muri’ah, S. (2017). Implementasi Standar Nasional Pendidikan pada Sekolah-Sekolah Unggulan di Samarinda. Fenomena, 9(1), 83.

Adim, A. (2020). Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum 9 di Desa Pasak Piang Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, PublikA. Jurnal S-1 Ilmu Administrasi Publik, 9(2).

Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81-92.

Andini, G. T. (2018). Manajemen pengembangan kurikulum. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 159-169.

Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya

Asmara, Q. (2021). Implementasi Kebijakan Dan Mutu Pendidikan (Penerapan Delapan Standar Pendidikan Nasional di SMA Mutiara Bunda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung). KAIS Kajian Ilmu Sosial, 2(1), 119-125.

Asri, S., Abdi, M. I., & Bahrani, B. (2020). Telaah Kurikulum Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Granada Samarinda. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3), 259-269.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Erlistiana, D., Nawangsih, N., Aziz, F. A., Yulianti, S., & Setiawan, F. (2022). Penerapan Kurikulum dalam Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-15.

Fatimatuzzahrah, F., Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-53.

Firmansyah, F. (2007). Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (Struktur dan kendalanya). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Hasanah, A. (2012). Pengembangan profesi guru.

Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5197-5202.

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).

Idris, S., Rambe, D., Afriani, D., & Hastuti, H. (2021). Manajemen Kolaborasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat (Studi Deskriptif pada Organisasi Ikatan Keluarga Besar Baringin Sip). Hikmah, 18(1), 1-12.

Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu pendidikan MTs Negeri Di kabupaten Tulungagung. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 16-22.

Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Indonesia, P. P. R. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Siregar, N. P. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 40-48.

Kurniawati, N. K., Tampubolon, H., & Sihotang, H. (2019). Evaluasi implementasi standar nasional pendidikan pada pendidikan inklusif di sekolah menengah garuda cendikia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 132-143.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., ... & Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika.

Majir, A. (2017). Dasar pengembangan kurikulum. Deepublish.

Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4613-4618.

Muslichah, U. (2023). Manajemen Strategi dalam Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kec. Jabung Kab. Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3698-3707.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah pendidikan nasional; faktor-faktor dan solusi yang ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127-137.

Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 16-32.

Pendidikan, B. S. N. (2005). Standar nasional pendidikan. Diakses dari http://www. bsnpindonesia.

Raharjo, S. B., Yuliana, L., & Yudha, Y. H. (2018). Capaian standar nasional pendidikan sebagai prediktor mutu sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 129-140.

Rahwati, D. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 13-24.

Rasjid, A. R., Rahman, F., Sari, V. R., Afandy, R., Fadhiel, M. N., Panannangan, D. M., ... & Alam, N. (2024). TANTANGAN DAN PROSPEK PENDIDIKAN MASYARKAT PEDESAAN DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Pendidikan Progresif, 8(3).

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Rozak, A., & Az-Ziyadah, A. I. (2021). Kebijakan pendidikan di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197-208.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106.

Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-border, 5(1), 622-632.

Salabi, A. S. (2020). Efektivitas dalam implementasi kurikulum sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research.

Sediana, D. (2022). Teaching Factory pada Sekolah Menengah Kejuruan untuk Mengatasi Kekurangan Sumber Daya Manusia dalam Implementasi Program Desa Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 249-262.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Supardi, U. S. (2015). Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Suwandi, S. (2020, October). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 1-12).

Taali, M., Darmawan, A., & Maduwinarti, A. (2024). Teori dan Model Evaluasi Kebijakan: Kajian kebijakan kurikulum pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Totoda, R. M. A., Luwunaung, N. S., Sahentumuwo, G. S., & Monigir, N. N. (2023). Analisis Kebijakan dan Peran Guru dalam Pergantian dan Pengembangan Kurikulum di Indonesia. Jurnal Basicedu, 7(6), 4141-4148.

Ulum, M. (2020). Kebijakan standar nasional pendidikan. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 11(1), 105-116.

Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822-3835.

Wartoyo, F. X. (2016). Tanggung jawab hukum pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. Yustisia, 5(1), 216-230.

Yuliana, L., & Raharjo, S. B. (2019). Ketercapaian standar nasional pendidikan di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 197-212.

Downloads

Published

2024-06-09