ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAMPUNG BEBEK KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Arizkylia Yoka Putri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13751

Keywords:

Desain Pembelajaran, Muatan Lokal, Sekolah Dasar

Abstract

Desain pembelajaran berbasis kearifan lokal menggarisbawahi pentingnya pengakuan terhadap kearifan dan warisan budaya lokal sebagai fondasi yang esensial dalam proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus di SDN Kebonsari yang terletak di Kampung Bebek Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, menampilkan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam kurikulum pembelajaran merupakan langkah yang penting dalam meningkatkan relevansi dan kedalaman pembelajaran siswa. Sehingga guru mempunyai peran penting untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan dan konteks lokal siswa, dengan memperhatikan dinamika sosial, budaya, dan lingkungan tempat tinggal siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggo, A. Y., Gunawan Santoso, Darmita Wuriani, Nurwahidah, & Anita Bosawer. (2023). Mengidentifikasi Peluang dan Tantangan yang Muncul dari Keragaman Budaya Indonesia Secara Mandiri dan Critical Thinking. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 310–331.

Anwar, K. (2022). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan Dalam Pembentukan Budaya Religius di SMPN 2 Ngoro Jombang. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4(2), 173-190

Ardiantoro, L., Muslimin, M., & Poernomo, A. H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam Rangka Sekolah Penggerak Tingkat SD di Mojokerto. Abdimas Nusantara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 9-17

Endayani, H. (2023). MODEL PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(1), 25-32.

Eprilia, W., Damayanti, D., & Hasmalena, H. (2023). Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan kelas 3 SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1388-1401.

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130.

Farid, M. (2023). PEMANFAATAN KONTEN MULTIBUDAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR. The Elementary Journal, 1(1), 20-27

Gaut, G. K., & Tapung, M. M. (2021). Model Lonto Lèok dalam pembelajaran tentang Mbaru Gendang pada muatan lokal seni budaya daerah Manggarai (Riset desain pembelajaran muatan lokal). EDUNET-The Journal of Humanities and Applied Education, 1(1), 20-42.

Hanifah, A. N. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA SMP BERBASIS PENGENALAN KEARIFAN LOKAL BALIMAU KASAI MELALUI TEKNIK HUMANISTIK. Jurnal Pendidikan, 12(2), 85-95.

Hartati, S. (2022). Peran pendidikan berbasis alam dalam mengembangkan kecerdasan alami anak. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(2), 161-172.

Indriaturrahmi, I., & Sudiyatno, S. (2016). Peran dunia usaha dan dunia industri dalam penyelenggaraan SMK berbasis kearifan lokal di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 162-172.

Kurniawati, F., & Gunansyah, G. (2019). Semanggi Suroboyo Desa Kendung Benowo-Surabaya sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi di sekolah dasar. J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 7(3).

Mulia, D. S., & Suwarno, S. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.30595/jkp.v9i2.1062

Mutia, U., & Riyana, C. (2019). Relevansi Model Evaluasi Responsif dalam Kurikulum Muatan Lokal. In 4 th ICERD International Conference on Education and Regional Development IV (pp. 621-630).

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Missio, 11(1), 91-106. https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.139

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Noormalitasari, U. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Percobaan 2 Sleman. BASIC EDUCATION, 8(12), 1-232

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145-6154.

Pratama, A., Wirman, W., & Ryandi, R. (2023). Korelasi Kearifan Lokal dengan Kepercayaan Lokal terhadap Tolak Bala di Paluta. YASIN, 3(6), 1358-1369. 10.58578/yasin.v3i6.1842

Puspitasari, A., Pudjowati, J., & Fattah, A. (2021). Pengaruh Harga Jual, Pasar, Bahan Baku, dan Modal Usaha terhadap Pendapatan Home Industry Telur Asin di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Sidoarjo. bharanomics, 2(1), 22-32.

Purwanti, R. Y. (2015). MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI “KAMPUNG BEBEK DAN TELUR ASIN” DESA KEBONSARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO (studi pada kelompok peternak itik Sumber Pangan). Publika, 3(2).

Ramawati, I. (2016). Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 66-87. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469

Riski, M. J. (2023). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Madrasah Ibtidaiyah. Journal Development and Research in Education, 3(2), 41-50.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.

Rummar, M. (2022). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580-1588. https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655

Sahil, J., Taher, D. M., Majid, I., & Hasan, S. (2022). Pembelajaran IPA SMP berbasis kearifan lokal ternate: sebuah gagasan penyusunan desain pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 50-57.

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan nilai-nilai kearifan lokal bali dalam membentuk profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182-6195.

Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 197-209. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.144

Saputra, A. M. A., Huriati, N., Lahiya, A., Bahansubu, A., Rofi'i, A., & Taupiq, T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Siswa. Journal on Education, 6(1), 1102-1110. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3050

Setiyoningsih, T., Sutama, M. P., & Maryadi, M. A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Di SMPN 1 Gabus Grobogan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Shofiyah, N., Setiyawati, E., & Nurdyansah, N. (2019, December). The Role of Local Wisdom-based Student Worksheet on Scientific Reasoning. In Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2019)(pp. 116-119). Atlantis Press.

Solissa, E. M., Hayati, A. A., Rukhmana, T., Muharam, S., Mardikawati, B., & Irmawati, I. (2024). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Journal on Education, 6(2), 11327-11333.

Touwe, S. (2019). Revitalisasi Pengajaran Sejarah Lokal melalui Falsafah Hidup Orang Bersaudara untuk Penguatan Wawasan Multikultural dan Pengembangan Karakter Siswa di Daerah Maluku. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(2), 106-126. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol7issue2page106-126

Ufie, A. (2017). Mengonstruksi nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran muatan lokal sebagai upaya memperkokoh kohesi sosial (studi deskriptif budaya Niolilieta masyarakat adat Pulau Wetang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 079-089.

Downloads

Published

2024-06-01